Dugaan Ijazah Palsu, Pelawak Nurul Qomar Ditahan Polisi di Brebes

Yunibar ยท Selasa, 25 Juni 2019 - 16:25 WIB
Dugaan Ijazah Palsu, Pelawak Nurul Qomar Ditahan Polisi di Brebes
Pelawak kawakan Nurul Qomar ditahan di Mapolres Brebes terkait kasus dugaan pemalsuan ijazah S-2 dan S-3. (Foto: Okezone)

BREBES, iNews.id - Pelawak kawakan Nurul Qomar ditahan di Mapolres Brebes, Jawa Tengah atas kasus dugaan pemalsuan ijazah S-2 dan S-3.

Politisi Partai NasDem itu diduga menggunakan surat keterangan lulus tersebut untuk persyaratan pencalonan rektor Universitas Muhadi Setia Budi, Brebes.

Qomar ditangkap Unit Tipiter Satreskrim Polres Brebes pada Senin (24/6/2019) malam di rumahnya Talun, Cirebon, Jawa Berat.  

Kasatreskrim Polres Brebes, AKP Tri Agung Suryomicho mengatakan, Qomar ditangkap karena diduga telah memalsukan surat keterangan lulus untuk gelar S-2 dan S-3 saat mendaftarkan diri dalam pencalonan rektor Universitas Muhadi Setia Budi Brebes.

Saat itu, tersangka lolos dan menjadi rektor universitas tersebut sebelum akhirnya mengundurkan diri karena ada masalah internal di kampus yang dipimpinnya.

“Kita sudah panggil yang bersangkutan sebanyak dua kali, tapi mangkir. Terakhir saat pemanggilan kedua Qomar dalam kondisi sakit. Karena tersangka dua kali mangkir, kami akhirnya menjemput paksa Qomar di rumahnya di Cirebon,” kata AKP Tri Agung, Selasa (25/6/2019).

Menurut Tri Agung, tersangka akan dijerat Pasal 263 KUHP dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.

Saat ini, tersangka Qomar ditahan di rumah tahanan (Rutan) Mapolres Brebes. Saat dijemput paksa, Qomar dalam kondisi sakit. Karena itu, tim Dokkes Polres Brebes akan memeriksa kesehatan tersangka. Qomar diketahui mengidap penyakit asma.


Editor : Kastolani Marzuki