Duh! Perayaan Tahun Baru 2020 di Malioboro Sisakan Sampah 15 Ton

Kuntadi ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 19:34 WIB
Duh! Perayaan Tahun Baru 2020 di Malioboro Sisakan Sampah 15 Ton
Kawasan Malioboro Yogyakarta

YOGYAKARTA, iNews.id – Sampah perayaan pergantian tahun 2020 di Kota Yogyakarta mencapai 15 ton. Sampah ini diproduksi wisatawan di kawasan Tugu Yogyakarta, Malioboro dan seputaran Alun-alun Utara dan Selatan. Dibanding tahun sebelumnya, sampah tahun 2020 ini meningkat hingga 3 ton.

"Jumlahnya sekitar 15 ton, dan sudah tertangani," kata Heryoko, Kepala Seksi Penanganan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Kamis (2/1/2020).

BACA JUGA: Presiden Jokowi Bagi-Bagi Kaus di Malioboro

Heryoko menjelaskan, saat malam perayaan tahun baru, sebanyak 45 petugas kebersihan ditempatkan di kawasan Malioboro, tetapi jumlah sampah justru meningkat. Dia menyayangkan rendahnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah ke tempat yang disediakan. Akibatnya banyak sampah tercecer di jalanan.

"Hampir 80 persen sampah itu tercecer, bukan pada tempatnya," ujarnya.

Heryoko berujar, di malam pergantian tahun 2020, Pemerintah Kota Yogyakarta sudah menyiapkan compacter dan tiga dump truk di Malioboro. Harapannya, agar wisatawan tidak membuang sampah sembarangan. Dari sampah yang terkumpul, plastik dan cup minuman mendominasi area Maliboro.

BACA JUGA: Malam Tahun Baru, Jokowi Sapa Warga di Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Sementara, untuk hari biasa, petugas yang disiagakan berjumlah 30-an petugas setiap harinya. Mereka bekerja secara shift.

"Kita bagi shift pagi, siang, malam. Jumlah wisatawan juga sudah mulai berkurang," ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menegaskan bahwa Pemkot Yogyakarta bertanggungjawab penuh atas kebersihan kawasan Malioboro. Namun, dia meminta wisatawan juga turut menjaga kebersihan.

"Saya hanya minta masyarakat ikut menjaga dengan tidak membuang sampah sembarangan," ucapnya.


Editor : Nani Suherni