Erupsi Gunung Merapi, Jalan Raya Magelang Tertutup Hujan Abu

Rizal Bomantama ยท Minggu, 21 Juni 2020 - 11:20 WIB
Erupsi Gunung Merapi, Jalan Raya Magelang Tertutup Hujan Abu
Kondisi hujan abu di Jalan Raya Magelang. (Foto: Dok Twitter).

MAGELANG, iNews.id - Warga di wilayah Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) mulai merasakan hujan abu akibat erupsi Gunung Merapi. Kondisinya cukup tebal dan menghalangi jarak pandang kendaraan.

Netizen @BudiajiTri lewat akun Twitternya mengatakan, Jalan Magelang sementara dihindari. Dalam video yang diunggahnya, jarak pandang di sana hanya sekitar 50 meter.

"Jalan Magelang sementara dihindari. Jalannya tidak kelihatan," kata dia dalam caption video yang diunggahnya, Minggu (21/6/2020).

"Hujan abu di Muntilan sudah terasa tipis-tipis," kata seorang netizen @bgssya di akun Twitternya.

Sebelumnya Gunung Merapi yang berada di perbatasann DI Yogyakarta dan Jawa Tengah (Jateng) tercatat kembali erupsi pada Minggu pagi. Kolom abu teramati kurang lebih setinggi 6.000 meter di atas puncak gunung.

Keterangan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi, PVMBG, erupsi Gunung Merapi terjadi pukul 09.13 WIB. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 75 milimeter dan durasi berkisar 5 menit 28 detik," tulis siaran pers dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).


Editor : Andi Mohammad Ikhbal