Gandeng Swasta, Pemkot Tegal Daur Ulang Sampah Menjadi Briket

Yunibar ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 16:52:00 WIB
Gandeng Swasta, Pemkot Tegal Daur Ulang Sampah Menjadi Briket
Briket hasil pengelolaan sampah dengan mendaur ulang menjadi energi terbarukan di Kota Tegal. Foto: iNews/Yunibar.

TEGAL, iNews.idPemkot Tegal bersama swasta meluncurkan pembaruan tata kelola sampah dengan mendaur ulang menjadi energi terbarukan. Sampah dimanfaatkan menjadi briket yang bisa menggantikan batubara

Volume sampah rumah tangga di Kota Tegal dalam sehari mencapai 250 ton. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah jika tidak dikelola dengan baik. 

Guna meminimalkan penumpukan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA), Pemkot Tegal menggandeng Trinseo Indonesia melakukan pembaharuan tata kelola sampah. Yakni memanfaatkan sampah menjadi briket yang bisa menggantikan batubara. 

“Sampah sekarang harus bernilai ekonomi, sehingga tidak hanya dibuang tapi dimanfaatkan dengan merubahnya menjadi energi yang memiliki nilai ekonomi. Apalagi nilai kalori briket sampah hampir sama dengan briket batubara,” kata Wakil Wali Kota Tegal, Muhammad Jumadi, Rabu (24/2/2021). 

Pengolahan sampah di pusat daur ulang di Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, menggunakan mesin predator. Sampah yang diolah adalah plastik dan organik. 

Presiden Direktur (Presdir) Trinseo Indonesia, Hanggara Sukandar mengatakan, pembaharuan tata kelola sampah merupakan solusi mengatasi volume sampah rumah tangga. Apalagi selama ini, sampah hanya berakhir di tempat pembuangan akhir tanpa memiliki nilai ekonomi. 

Saat ini, briket sampah rumah tangga yang dihasilkan di TPS Mintaragen baru sekitar dua ton sehari. Idealnya, dibutuhkan empat pusat daur ulang sampah di Kota Tegal untuk mengelola 250 ton sampah rumah tangga.  Pengiriman perdana, briket sampah produksi TPS Mintaragen dikirim ke salah satu perusahaan di Semarang. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo