Ganjar Janji Perbaiki Jalur Evakuasi Merapi yang Rusak di Klaten

Kastolani, Antara ยท Jumat, 01 Februari 2019 - 01:01 WIB
Ganjar Janji Perbaiki Jalur Evakuasi Merapi yang Rusak di Klaten
Jalur evakuasi Gunung Merapi di Deles, Klaten yang rusak parah segera diperbaiki untuk memudahkan warga jika sewaktu-waktu gunung tersebut statusnya meningkat. (Foto: Dok.iNews.id)

TEMANGGUNG, iNews.id - Gubenur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo memastikan jalur evakuasi di kawasan Gunung Merapi yang mengalami rusak parah segera diperbaiki.

"Kerusakan jalur evakuasi tersebut antara lain di wilayah Kabupaten Klaten," kata Ganjar usai bertemu dengan para nasabah BKK Pringsurat di Temanggung, Kamis (31/1/2019).

Menurut Ganjar, perbaikan jalan agar nanti bisa dilewati jika terjadi bencana. Saat ini, semua persiapan menghadapi bencana Merapi sudah dilakukan dan dalam pantauan terus menerus.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah siaga dan masyarakat siaga, namun diakui ada beberapa jalur evakuasi yang rusak parah, termasuk yang di Klaten.

Ganjar mengatakan, Kabupaten Klaten akan mendapat bantuan dari Pemeritah Provinsi(Pemprov) Jateng untuk pembiayaan jalan yang menjadi jalur evakuasi karena mengalami kerusakkan cukup parah.

Karena itu, dia meminta para pengemudi truk galian golongan C jangan awur-awuran dan menjaga kondisi jalan dengan tidak membawa muatan melebihi tonase. Selama ini mereka juga menjadi bagian dari pembuat persoalan. "Anda ini sudah ilegal pemuatannya juga kelebihan volume," katanya.

Dia menegaskan, jalur evakuasi seharusnya halus sehingga bisa dilewati bila sewaktu-waktu ada bencana. "Jika terjadi sesuatu seperti saat ini kasihan masyarakat," tandas Gubernur.

Sementara itu, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat sejak Kamis (31/1/2019) pukul 12.00-18.00 WIB, Gunung Merapi meluncurkan sembilan kali guguran lava pijar dengan durasi 17-78 detik. Meski demikian, status gunung tersebut masih berada di level 2 atau Waspada.


Editor : Kastolani Marzuki