Ganjar Kumpulkan Semua Bupati dan Wali Kota di Whatsapp Grup untuk Antisipasi Banjir

Ahmad Antoni, Sindonews ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 12:32:00 WIB
Ganjar Kumpulkan Semua Bupati dan Wali Kota di Whatsapp Grup untuk Antisipasi Banjir
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo didampingi Wagub Taj Yasin Maimoen saat konferensi pers terkait sekolah gratis di Bandara Ahmad Yani Semarang. (Foto: Dok.Humas Pemprov Jateng)

SEMARANG, iNews.id – Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengumpulkan semua bupati dan wali kota dalam sebuah Whatsapp Group (WAG) untuk memantau bencana di wilayah Jawa Tengah. Hal itu dilakukan untuk menghadapi musim hujan yang berpotensi menimbulkan banjir.

Percakapan dalam grup itu sempat diunggah Ganjar melalui akun Twitter miliknya, @ganjarpranowo. “Yth Bapak/Ibu bagaimana kondisi wilayah panjenengan akibat hujan kemarin?” kata Ganjar dalam percakapan itu.

Pertanyaan dari Ganjar itu langsung ditanggapi sejumlah kepala daerah. “Kebumen aman Pak Gubernur,” ucap Bupati Kebumen Yazid Mahfudz.

“Izin Pak Gubernur, Jekulo Timur ada luapan air sebentar karena hujan lebat. Itu karena ada banyak sampah di selokan. Kudus ada tiga titik potensi tergenang air. Tim sudah saya siapkan,” kata Bupati Kudus Hartopo.

BACA JUGA: Tanah Longsor Terjang 2 Dusun di Banjarnegara

Unggahan Ganjar di Twitter itu juga dimanfaatkan warga untuk ikut melaporkan kondisi di wilayah masing-masing. Apa yang dilakukan Ganjar itu mendapat respon positif dari warganet. “Lapor Pak, Grobogan masih aman,” ujar akun @gurliess.

Saat disinggung soal itu, Ganjar mengatakan grup yang diberi nama “Jateng 1” itu sudah dibentuk sejak lama. Menurutnya grup yang beranggotakan semua kepala daerah di Jateng itu memudahkan koordinasi dalam semua hal terutama dalam menghadapi masalah.

BACA JUGA: Underpass Kalinyamat Banjir 1,5 Meter, Jalur Alternatif Tegal-Purwokerto Lumpuh

“Untuk mengatasi bencana alam, keamanan hingga harga bahan pokok. Semuanya jadi cepat dan efektif,” kata Ganjar, Kamis (2/1/2020).

Untuk mengantisipasi banjir di awal musim hujan, Ganjar menginstukrikan semua kepala daerah siaga. Dia juga meminta kepala daerah dan satuan yang bertugas untuk menomorsatukan keselamatan warga jika bencana terjadi.

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel: