Ganjar Pranowo Bujuk Siswa Korban Bullying di Purworejo Pindah Sekolah

Nani Suherni ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 16:17 WIB
Ganjar Pranowo Bujuk Siswa Korban Bullying di Purworejo Pindah Sekolah
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)

SEMARANG, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus membujuk siswi korban bullying di sebuah SMP di Purworejo pindah sekolah. Ganjar meminta siswi tersebut belajar di sekolah luar biasa (SLB).

Dari hasil kunjungan Dinas Pendidikan Pemprov Jateng, korban bullying di Purworejo masuk kategori anak berkebutuhan khusus. Ganjar menuturkan, sudah mencari tempat tinggal untuk siswi tersebut. Lokasinya pun tak jauh dari sekolah yang direkomendasikan.

"Sudah saya carikan tempat kos, sudah dicarikan sekolahnya di sekolah kami yang ada di sana. Sekarang saya sedang merayu orangtuanya untuk menyetujui. Saya ingin, karena dia berkebutuhan khusus maka sekolahnya di tempat yang bisa memfasilitasi itu. Sampai tadi malam, orangtuanya 80 persen sudah mau," katanya, usai rapat dengan Menteri Keuangan RI di ruang dinas Gubernur, Jumat (14/2/2020).

Terkait biaya, Ganjar menegaskan akan menanggung secara keseluruhan. Mengingat, orangtua siswi tersebut hanya bekerja sebagai buruh.

"Karena ini bapaknya buruh, kami menjamin agar pendidikannya bisa berjalan dan masa depannya bisa baik. Biaya dari kami semuanya, kami yang menjamin," katanya.

Dia juga mengatakan akan melakukan evaluasi terhadap sekolah tempat terjadinya bullying tersebut. Pasalnya, sekolah itu hanya memiliki sedikit siswa dan manajemennya dipertanyakan.

"Mesti dievaluasi, apakah layak atau harus dimerger saja. Nanti kami berikan masukan dan rekomendasi ke yayasan, karena ini sekolah swasta," ucap Ganjar.

Sebelumnya, video seorang siswi ditendang dan dipukuli oleh tiga siswa di dalam kelas secara bergantian di salah satu SMP di Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, viral di media sosial setelah diunggah akun @black_valley1

Dalam video berdurasi 28 detik itu, terlihat seorang pelajar perempuan berkerudung duduk di dalam kelas sambil menunduk. Sementara, tiga siswa terlihat memukul siswi tersebut dengan sapu.

Bahkan, ada adegan salah satu tersangka menendang perut korban beberapa kali. Di akhir video, ketiga tersangka bergantian menendang siswi tersebut di perut dan pundak.


Editor : Nani Suherni