Gelar Aksi Damai, Massa di Pekalongan Robek-Robek Spanduk Habib Rizieq

Suryono Sukarno ยท Kamis, 26 November 2020 - 23:59:00 WIB
Gelar Aksi Damai, Massa di Pekalongan Robek-Robek Spanduk Habib Rizieq
Massa dari Aliansi Pekalongan Bersatu menggelar aksi damai menolak kedatangan Habib Rizieq. (Foto: iNews/Suryono)

PEKALONGAN, iNews.id – Sekelompok massa yang tergabung dalam Aliansi Pekalongan Bersatu menggelar aksi penolakan Habib Rizieq Shihab, Kamis (26/11/2020). Aksi yang berlangsung di Monumen Juang Kota Pekalongan itu diwarnai dengan penyobekan spanduk dan poster bergambar Habib Rizieq.

Koordinator aksi, Faturokhman mengatakan, aksi tersebut untuk menolak segala bentuk ujaran kebencian yang masuk di Kota Pekalongan.

"Kita tidak membenci siapa itu habib Rizie sebagai seorang ulma. Tetapi, kita tidak menyukai ujaran beliau yang suka memprovokasi umat," katanya.

Karena itu, kata dia, warga Kota Pekalongan tidak ingin Habib Rizieq datang ke daerahnya karena dikhawatirkan bisa memicu perpecahan antarumat.

Dalam aksinya, massa membentangkan spanduk dan poster-poster berisi penolakan kehadiran Habib Rizieq di Kota Pekalongan. Mereka kemudian menggelar mimbar bebas menyuarakan penolakan Habib Rizieq.

Massa juga membagikan selebaran berisi dukungan kepada TNI-Polri untuk bisa menciptakan kondisi aman dan nyaman di masyarakat. Setelah berorasi, massa membentuk lingkaran kemudian menyobek spanduk bergambar Habib Rizieq.

Usai berorasi, massa membubarkan diri dengan pengawalan petugas Polresta Pekalongan. 

Editor : Kastolani Marzuki