Gempa Swarm ke-39 Guncang Ambarawa dan Sekitarnya

Ahmad Antoni · Kamis, 28 Oktober 2021 - 09:14:00 WIB
Gempa Swarm ke-39 Guncang Ambarawa dan Sekitarnya
Puluhan warga di Desa Pojok Aari, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang masih bertahan di tenda darurat. (iNews/Lurisa Lulu)

SEMARANG, iNews.id -  Wilayah Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah kembali diguncang gempa yang dirasakan oleh warga.  Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo  M3.0,  Kamis (28/10/2021) pukul 07:20:44 WIB.

Episenter terletak pada koordinat 7.197 LS dan 110.45197 BT tepatnya di darat pada jarak 9 km arah Tenggara Kab. Semarang -JATENG dengan kedalaman 10 km. 

“Dengan memperhatikan magnitudo, lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa yang terjadi merupakan bagian dari rangkaian aktivitas gempa swarm yang ke-39 yang terjadi di Ambarawa dan sekitarnya,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie dalam siaran pers, Kamis (28/10/2021)

“Guncangan gempa swarm ini dirasakan di Kec. Ambarawa, Kec. Ngampin, Kec. Jambu, Kec. Kranggan II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” katanya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: