Geram Kasus Bullying, DPRD Kabupaten Purworejo Datangi Sekolah Ketiga Tersangka

Joe Hartoyo ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 16:56 WIB
Geram Kasus Bullying, DPRD Kabupaten Purworejo Datangi Sekolah Ketiga Tersangka
Rapat Komisi E DPRD Kabupaten Purworejo bersama guru dan dinas pendidikan, Kamis (13/2/2020). (Foto: iNews/Joe Hartoyo)

PURWOREJO, iNews.id - Kasus bullying ketiga siswa terhadap siswi di SMP di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Jateng) membuat geram anggota dewan. Mereka pun langsung menuju sekolah ketiga pelaku tersebut, pada Kamis (13/2/2020).

Komisi E DPRD Kabupaten Purworejo langsung menggelar rapat dengan pihak sekolah menindak kasus bullying yang viral tersebut. Bersama guru dan dinas pendidikan kabupaten mereka merumuskan pencegahan tindakan perundungan siswa.

"Harapannya ini tidak terjadi lagi di sekolah ini, di Purworejo maupun di Indonesia," kata anggota komisi E DPRD Kabupaten Purworejo, Kelik, Kamis (13/2/2020).

Terkait korban, dewan menerima informasi yang bersangkutan merupakan siswa berkebutuhan khusus. Sehingga ada upaya untuk memindahkan korban ke sekolah lain.

"Kami mencari sekolah yang lebih valid, nanti solusinya dipindah ke salah satu SMP khusus," ujarnya.

Dia pun meminta kepada masyarakat untuk tidak lagi membagikan video bullying tersebut. Apalagi kasus ini sudah ditangani kepolisian. Kelik khawatir, psikologis korban sulit membaik jika terus diungkit-ungkit soal videonya viral.

"Kami memang tidak bisa membendung (video viral), tapi bagaimana kalau hal tersebut terjadi pada diri kita," ucap Kelik.

Setelah video ini tersebar di media sosial facebook, Polres Purworejo bergerak mencari terduga pelaku. Saat ini ketiga siswa dalam video ditetapkan tersangka.

Sebelumnya, video seorang siswi ditendang dan dipukuli oleh tiga siswa di dalam kelas secara bergantian di salah satu SMP di Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, viral di media sosial setelah diunggah akun @black_valley1

Dalam video berdurasi 28 detik itu, terlihat seorang pelajar perempuan berkerudung duduk di dalam kelas sambil menunduk. Sementara, tiga siswa terlihat memukul siswi tersebut dengan sapu. Bahkan, ada adegan salah satu tersangka menendang perut korban beberapa kali. Di akhir video, ketiga tersangka bergantian menendang siswi tersebut di perut dan pundak.


Editor : Nani Suherni