Gondol Burung Murai Batu, Pria di Yogyakarta Terancam Penjara 7 Tahun

Kuntadi ยท Rabu, 15 April 2020 - 19:15 WIB
Gondol Burung Murai Batu, Pria di Yogyakarta Terancam Penjara 7 Tahun
Ilustrasi (Foto: Antara)

SLEMAN, iNews.id – Seorang pria pengangguran berinisial YCP (38) diamankan warga, usai mencuri burung jenis Murai Batu di wilayah Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman. Atas perbuatannya, warga Cokrodiningratan, Kota Yogyakarta ini terancam pidana penjara tujuh tahun.

Aksi pencurian ini dilakukan YCP pelaku di rumah Burhan Fajar pada Jumat (10/4/2020). Pada sore harinya korban masih sempat memberi makan burung murai miliknya dan meletakkan kurungan di gantungan yang ada di teras rumahnya.

Sekitar pukul 20.00 WIB, korban meninggalkan rumah untuk melakukan ronda. Sekitar pukul 00.30 WIB, korban pulang ke rumah dan mendapati burung di dalam sangkar masih utuh. Sekitar pukul 01.00 WIB, korban mendengar pintu pagar depan dibuka. Korban kemudian keluar dan mendapati sangkar berikut burungnya sudah tidak ada. Bersamaan dengan itu ada pria yang keluar meninggalkan rumahnya sambil membawa sangkar burung.

“Korban sempat meminta burungnya, tetapi tidak diberikan dan pelaku kabur,” kata Kapolsek Ngemplak, Kompol Wiwik Tri Hastuti, Rabu (15/4/2020)

Korban kemudian menghubungi warga yang sebelumnya sempat berada di pos ronda. Mereka kemudian melakukan pencarian dan menangkap pelaku setelah akses keluar kampung ditutup.

“Warga kemudian melaporkan kasus ini ke polisi dan tersangka kita amankan,” ucap Kanit Reskrim Polsek Ngemplak Ipda Sagimin.

Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.


Editor : Nani Suherni