Gowes Sambil Bawa Lakban Hitam, Ganjar Sambangi Warung Pasang Pembatas di Kursi

Ahmad Antoni · Rabu, 23 September 2020 - 10:57 WIB
Gowes Sambil Bawa Lakban Hitam, Ganjar Sambangi Warung Pasang Pembatas di Kursi
Gubernur Ganjar Pranowo gowes pagi ke kampung-kampung, warung makan serta pasar tradisional di Semarang, Rabu (23/9/2020). (Foto: Dok Pemprov Jateng)

SEMARANG, iNews.id - Klaster warung di Kota Semarang menjadi perhatian serius Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Banyaknya warung yang tidak menerapkan protokol kesehatan, membuat Ganjar terpaksa turun tangan.

Dia melakukan sidak ke sejumlah warung di Kota Semarang, sambil gowes pada Rabu (23/9/2020) pagi. Warung-warung yang dia kunjungai di antaranya di Pujasera MAJT serta beberapa warung di Jalan Jolotundo Kota Semarang. Di tempat-tempat itu, Ganjar dengan sabar mengedukasi pemilik dan pembeli untuk ketat menerapkan protokol kesehatan.

Ganjar mengingatkan semua pemilik warung untuk melakukan penataan dengan mengatur tempat usahanya masing-masing. Satu meja, dibatasi hanya boleh diduduki untuk dua atau maksimal tiga orang. Cara duduknya pun tak boleh berhadap-hadapan, yakni harus menyilang.

Bahkan, Ganjar dengan sengaja membawa lakban dari rumah untuk memberikan tanda silang di meja atau kursi warung-warung yang dia kunjungi itu. Tujuannya untuk memberikan contoh bagaimana penataan yang benar di warung agar semuanya bisa berjalan aman.

"Niki disilang, sing disilang ora intuk dilungguhi (ini dikasih tanda silang, yang ada tandanya tidak boleh diduduki). Bakule ngilekke, sing tuku ampun nglungguhi lakban (pedagangnya mengingatkan, pembelinya tidak boleh duduk di atas lakban). Ini saya kasih contoh satu meja, nanti lainnya diselesaikan sendiri," kata Ganjar.

Editor : Nani Suherni