H+5 Lebaran, Tol Brebes hingga Cipali Macet Parah

Tim iNews ยท Rabu, 20 Juni 2018 - 16:19:00 WIB
H+5 Lebaran, Tol Brebes hingga Cipali Macet Parah
Ribuan kendaraan pemudik memadati ruas tol Cipali, Purwakarta, Jabar pada H+5 Lebaran. (Foto: iNews.id)

BREBES, iNews.id - Kemacetan parah terjadi di ruas Tol Pejagan Brebes hingga Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Purwakarta, Jawa Barat pada H+5 Lebaran, Rabu (20/6/2018). Kemacetan terjadi akibat membeludaknya volume kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta dan kota-kota lainnya di Jawa Barat.

Pantauan iNews di Brebes, imbas pemberlakuan contra flow selepas gerbang Tol Kertasari Tegal hingga brebes Timur mengakibatkan antrean panjang kendaraan keluar pintu tol menuju jalur Pantura hingga sepanjang 5 kilometer akibat kendaraan dari arah Semarang tidak diperbolehkan masuk pintu Tol Brebes Timur. Kendaraan pemudik tujuan jakarta dialihkan ke pintu Tol Brebes Barat dan Pejagan.

Pihak Satlantas Polres Brebes kemudian melakukan penarikan arus kendaraan keluar tol menuju jalur pantura arah Semarang di Simpang Tiga Brebes Timur.

Kepala Pospam Kaligangsa Brebes, Ipda Suryantono mengatakan antrian ribuan kendaraan di jalur Pantura mencapai 5 kilometer mulai jalur Pantura Sumurpanggang Kota Tegal hingga Simpang Tiga Brebes Timur. “Untuk sementara kendaraan yang menuju Jakarta lewat Tol Brebes Timur dialihkan ke pintu Tol Brebes Barat dan Pejagan,” katanya.

Dia mengatakan, pada H+5 Lebaran, volume kendaraan pemudik baik di ruas tol maupun jalur pantura mengalami peningkatan yang cukup drastis. Hal ini disebabkan hari ini adalah hari terakhir cuti bersama Lebaran bagi Pns dan karyawan swasta. “Peningkatan volume kendaraan pemudik diperkirakan akan terus meningkat hingga Rabu malam,” ucapnya.

Kemacetan panjang juga terjadi di ruas Tol Palimanan-Kanci (Palikanci), Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Arus kendaraan yang didominasi mobil pribadi hanya bisa berjalan merayap dengan kecepatan 20 kilometer per jam sejak KM 189 hingga 193.

Selain karena tingginya jumlah kendaraan, antrean juga disebabkan penyempitan jalur di exit Tol Tegal Karang yang semula tiga lajur menjadi dua lajur. Sejumlah petugas tim urai dari Satlantas Polres Cirebon terus berupaya menarik kendaraan agar tidak terus memanjang.

Kondisi serupa juga terjadi diruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Subang dan Purwakarta. Kemacetan dipicu keluar masuk kendaraan di rest area. Petugas Satlantas Polres Subang langsung menutup akses masuk ke rest area KM 101 wilayah Kalijati Subang lantaran seluruh tempat parkir kendaraan di rest area telah penuh. Meski banyak diprotes pengguna jalan, petugas tetap berkeras agar pengendara melanjutkan perjalanan.

Meski demikian, kemacetan panjang tetap tak terhindarkan. Sementara di Purwakarta, sistem one way yang sudah diberlakukan sejak Selasa (19/6/2018) malam hingga dini hari tadi belum berhasil memecah kemacetan. Arus lalu lintas di ruas Tol Cipali dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta kembali mengalami kepadatan.

Antrean ribuan kendaraan ini terpantau di KM 73 Cikopo. Kendaraan para pemudik balik yang melintas di jalur bebas hambatan ini harus berjalan merayap dengan kecepatan 20 kilometer per jam. Diperkirakan volume arus kendaraan pemudik balik masih akan terus terjadi hingga mala mini mengingat masa cuti Lebaran segera berakhir.

Editor : Kastolani Marzuki