Harga Cabai Merosot, Penyuluh Pertanian di Rembang Lakukan Aksi Borong

Musyafa ยท Senin, 04 Mei 2020 - 13:05 WIB
 Harga Cabai Merosot, Penyuluh Pertanian di Rembang Lakukan Aksi Borong
Cabai yang diborong penyuluh pertanian dibungkus untuk dibagikan pada masyarakat

REMBANG, iNews.id - Para penyuluh pertanian di Kabupaten Rembang melakukan aksi memborong cabai dari petani, Senin (4/5/2020). 0,5 ton cabai yang diborong, kemudian dibagikan gratis kepada masyarakat. Aksi ini dilakukan untuk meringankan beban warga di masa pandemi Covid-19.

Belakangan ini harga cabai di pasaran anjlok akibat turunnya daya beli masyarakat, setelah ada pandemi Covid-19. Harga cabai merah dan cabai rawit yang semula Rp25.000, kini turun drastis menjadi hanya Rp4.000 per kilogram. Itu pun petani masih kesulitan menjual hasil panenan mereka.

Ketua Penyuluh Pertanian Kabupaten Rembang, Sutarwi mengatakan aksi ini dilakukan sebagai salah satu bentuk keprihatinan atas merosotnya harga cabai di tingkat petani. Para penyuluh melakukan aksi borong cabai, dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari harga tengkulak.

“Sehingga kami punya inisiatif untuk membeli dengan harga kita naikkan Rp1.000 menjadi Rp5.000, dan hasil pembelian itu nanti kita berikan kepada warga masyarakat di sekitar Rembang ini,” ujar Sutarwi.

Saat ini di wilayah Kabupaten Rembang terdapat 250 hektare lahan cabai, dengan hasil panen melimpah. Penjualan cabai semakin sulit, setelah banyaknya warung, restoran dan hotel yang tutup akibat pandemi Covid-19. Pihak penyuluh pertanian berencana melanjutkan kegiatan bagi cabai gratis dalam beberapa hari ke depan.


Editor : Dewi Mustika