Hari Kelima, Pencarian Pendaki Hilang di Gunung Lawu Masih Nihil

Wahyu Endro ยท Minggu, 06 Januari 2019 - 11:09 WIB
Hari Kelima, Pencarian Pendaki Hilang di Gunung Lawu Masih Nihil
Tim SAR gabungan saat melakukan briefing pencarian pendaki yang hilang di Gunung Lawu, Karanganyar, Jateng. (Foto: iNews.id/Wahyu Endro)

KARANGANYAR, iNews.id – Pencarian pendaki asal Magelang yang hilang ketika mendaki Gunung Lawu melalui jalur Candi Cetho, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah sudah memasuki hari kelima.

Namun, tim SAR gabungan hingga kini belum menemukan tanda-tanda maupun jejak Alvi Kurniawan, pendaki nahas tersebut.

Tim SAR kemudian memfokuskan pencarian di jalur tapak Menjangan dan Pasar Dieng. Mereka secara bergantian menyisir di jalur pendakian yang dilalui korban.

“Pencarian akan difokuskan pada jalur tapak Menjangan dan Pasar Dieng. Jalur tersebut cukup terjal dan paling sulit dibandingkan dengan jalur pendakian Cemoro Kandang maupun Cemoro Sewu,” kata Koordinator Basarnas Solo, Arif Sugiarto, Minggu (6/1/2019).



BACA JUGA:

Pendaki Gunung Lawu Asal Magelang Dikabarkan Hilang sejak Selasa

Ratusan Pendaki Rayakan Tahun Baru di Puncak Gunung Ciremai

Pendaki Asal Bandung Tewas Kejatuhan Batu di Gunung Cartenz Papua

Dia menegaskan, pencarian akan terus dilakukan sesuai dengan standar operasi pencarian yakni tujuh hari. Meski demikian, pencarian dapat diperpanjang apabila nanti di lapangan ditemukan titik terang keberadaan survivor.

Diketahui, Alvi Kurniawan mendaki Gunung Lawu bersama sejumlah rekannya melalui jalur Candi Cetho, Selasa (25/12/2018) lalu. Pendaki berusia 20 tahun tersebut kemudian berpisah dari rombongan setelah melanjutkan pendakian bersama pendaki dari rombongan lain. Namun sesampai di basecamp korban tidak diketemukan sehingga rekan-rekannya melaporkan ke petugas posko.


Editor : Kastolani Marzuki