Heboh Anggota DPRD Pekalongan Bagi-Bagi Uang saat Aksi Demo Buruh

Suryono Sukarno ยท Jumat, 09 Oktober 2020 - 14:15:00 WIB
Heboh Anggota DPRD Pekalongan Bagi-Bagi Uang saat Aksi Demo Buruh
Anggota DPRD Pekalongan Candra Saputra membagikan uang ke buruh yang demo, Jumat (9/10/2020). (Foto: iNews/Suryono Sukarno)

PEKALONGAN, iNews.id - Heboh dua anggota DPRD Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng) bagi- bagi uang di tengah demo ratusan buruh. Massa yang sedang berorasi ini langsung berhenti dan antri mendapatkan uang Rp100.000 per orang.

Aksi demo ratusan buruh pabrik PT Pajitex di depan DPRD Kabupaten Pekalongan mendadak heboh. Pasalnya, dua anggota DPRD yaitu Candra Saputra dan Sinanta Previta Andreani mendadak bagi-bagi uang di tengah ratusan massa.

Wakil rakyat dari Fraksi Partai PAN itu membaur dengan massa, lalu memberikan amplot berisi uang nominal Rp100.000 per orang. Setidaknya ada sekitar 257 orang yang mendapat amplop berisi uang itu.

Buruh yang sedang ikut aksi pun langsung bersorak gembira menerima uang tersebut. Mereka langsung berhenti dan berubah menjadi antrean menerima uang tersebut.

Candra saputra menyebutkan bahwa pembagian uang ini merupakan kebiasaannya membagi sedekah pada hari Jumat. Namun, karena ada aksi demo buruh dia mengalihkan pembagian uang ke para pekerja yang di PHK.

"Tadi saya lihat ada ibu-ibu yang jadi saya dan istri yang memang jadi anggota dewan bersedekah ke teman-teman buruh," ucap Candara.

Sebelumnya, buruh pabrik sarung ini di PHK sepihak. Sebanyak 250 orang mulai dari karyawan baru hingga yang sudah puluhan tahun belum mendapat kesepatan soal keputusan besaran pesangan.

"Saat pandemi Covid-19 mencari pekerjaan itu sudah sehingga akakan semakin susah jika kami juga terkena PHK, kata perwakilan buruh dan sekretaris SPN PT Pajitex, Isa Hanafi.


Editor : Nani Suherni