Hore, 14 Produk UMKM Asli Salatiga Tembus Toko Modern

Angga Rosa ยท Rabu, 07 April 2021 - 20:50:00 WIB
Hore, 14 Produk UMKM Asli Salatiga Tembus Toko Modern
Suasana kurasi produk UMKM Salatiga yang digelar Dinas Perdagangan, Rabu (7/4/2021). Foto: Ist.

SALATIGA, iNews.id - Sebanyak 44 produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) asli Kota Salatiga diuji kurasi minimarket modern. Hasilnya, 14 produk di antaranya lolos dan layak dijual di etalase toko modern

Produk UMKM Kota Salatiga yang bisa dijual di minimarket modern adalah pencok, wader, cokelat kacang, cokelat tempe, kripik stik, kripik kulit, abon-dendeng, numbuk dan kedelai, kue kacang, jamur krispy, kopi, sekoteng, kripik tomat dan timun. 

Sedangkan 30 produk lainnya diminta melengkapi persyaratan packaging, izin PIRT, daftar komposisi bahan, expire, graming (gram) bobot produk, dan lainnya. 

"Pada masa pemulihan ekonomi sebagai dampak pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi menjadi prioritas penting. Untuk itu, kami berupaya membantu UMKM lokal menyalurkan produknya agar dapat terjual di minimarket modern," kata Kasi Pengembangan Perdagangan, Dinas Perdagangan Kota Salatiga, Sri Hariningsih, Rabu  (7/4/2021). 

Bagi UMKM yang produknya belum tembus minimarket modern, diminta tidak perlu risau karena masih ada kesempatan kurasi lainnya. Ketua Kadin Kota Salatiga Arso Adji Sadjiarto menjelaskan, akurasi produk dari Dinas Perdagangan sangat dinanti UMKM penghasil panganan. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo