Ini Daerah Terdampak Banjir Rob di Pekalongan

Suryono Sukarno ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 01:15:00 WIB
Ini Daerah Terdampak Banjir Rob di Pekalongan
Warga mengungsi ke sejumlah lokasi akibat rumah terkepung abnjir rob di Kota Pekalongan. (Foto: iNews/Suryono Sukarno)

PEKALONGAN, iNews.id – Banjir rob menenggelamkan ribuan rumah warga di Kabupaten dan Kota Pekalongan, Senin (1/6/2020). Hingga malam tadi, ratusan warga telah dievakuasi petugas gabungan ke beberapa lokasi.

Kepala BPBD Kota Pekalongan, Saminta mengatakan, petugas masih fokus mengevakuasi warga yang terjebak banjir di rumahnya.

“Warga juga diminta untuk ikut membantu menginformasikan jika membutuhkan bantuan evakuasi agar bisa cepat tertangani,” katanya.

Banjir rob menerjang Kabupaten dan Kota Pekalongan. (Foto: iNews/Suryono Sukarno)
Banjir rob menerjang Kabupaten dan Kota Pekalongan. (Foto: iNews/Suryono Sukarno)

Dia menyebutkan, banjir rob yang melanda Kota Pekalongan itu terjadi sejak beberapa hari terakhir dan mencapai puncaknya Senin petang. Air pasang laut itu menenggelamkan ribuan rumah di seluruh Kecamatan Pekalongan Utara meliputi Kelurahan Degayu, Krapyak, Panjang Wetan, Panjang Baru, Kandang Panjang, Bandengan, Padukuhan, Kraton.  

Sedangkan di Kecamatan Pekalongan Barat meliputi Kelurahan Pasir, Kraton, Kramat, dan Tirto.

Di kabupaten Pekalongan, banjir rob merendam empat desa di kecamatan Tirto yakni, Desa Jeruksari, Mulyorejo, Tegaldowo, dan Karangjompo. Sedangkan di Kecamatan Wonokerto di antaranya Desa Tratebang, Wononerto Kulon dan Wetan, Jambean, Semut, dan Bebel.

Menurut Saminta, korban banjir masih didata dan diberikan bantuan berupa makanan dan baju ganti karena hampir semua pakaian warga basah terendam banjir.

“Saat ini, sudah ada sekitar 150 warga yangtelah dievakuasi dan diungsikan di beberapa lokasi seperti di Rumah Susun Krapayak dan musala dekat rusun. Selain itu, ada beberapa warga yang menempati rumah kerabat atau saudaranya yang tidak banjir,” katanya.

Tim SAR gabungan terus mengevakuasi ratusan warga yang terjebak banjir rob di Kota Pekalongan. Hingga Senin (1/6/2020) malam ini, ketinggain muka air rob yang merendam ribuan rumah warga masih tinggi.

Proses evakuasi warga di Perumahan Slamaran Pekalongan Utara ini berjalan cukup sulit. Hal ini karena banjir merendam cukup dalam dan minim penerangan. Kendaraan tim BPBD juga sulit menembus daerah yang terendam rob. Petugas harus menggunakan perahu karet juga rakit seadanya untuk mengevakuasi warga.

Ratusan korban banjir rob saat ini bertahan di beberapa tempat pengungsian seperti rumah susun dan musala. Sebagian pengungsi lain memilih menginap di rumah saudara yang aman dari terjangan rob.


Editor : Kastolani Marzuki