Jadi Motor Wujudkan Indonesia Emas, Generasi Muda Harus Lakukan Ini

Ahmad Antoni ยท Jumat, 04 Juni 2021 - 21:43:00 WIB
Jadi Motor Wujudkan Indonesia Emas, Generasi Muda Harus Lakukan Ini
Tiga narasumber saat berbicara dalam diskusi Prime Topic MNC Trijaya FM bertema Pancasila Sebagai Jiwa dan Spirit Pemersatu Bangsa di Noormans Hotel Semarang, Jumat (4/6/2021). (iNews/Ahmad Antoni)

SEMARANG, iNews.id  – Dosen Pancasila Fakultas Hukum Undip Dr Ani Purwanti mengatakan bahwa generasi muda saat ini merupakan motor untuk mewujudkan Indonesia Emas. Sebab itu, generasi muda Indonesia harus tetap berpedoman pada Pancasila agar tidak tergerus oleh penyimpangan ideologi.

“Peluang bisa jadi ancaman. Human Capital yang diidamkan di 2045 betul-betul manusia sempurna yang diidamkan Pancasila. Oleh sebab itu, penanaman nilai Pancasila harus dilakukan anak sejak tingkat TK,” kata Ani dalam diskusi Prime Topic MNC Trijaya FM  bertema Pancasila Sebagai Jiwa dan Spirit Pemersatu Bangsa di Noormans Hotel Semarang, Jumat (4/6/2021).

Menurutnya, beragam paham dan aksi yang bertentangan dengan nilai Pancasila akan mendorong Indonesia menjadi kurang kompetitif. 

Sementara, menurut anggota Komisi A DPRD Jateng Stephanus Sukirno Pancasila sebagai dasar negara mempunyai fungsi dan manfaat mengatur seluruh elemen bangsa.

Untuk itu, aparat pemerintahan hingga warga wajib mengimplementasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dia mengatakan, Pancasila juga menjadi pedoman hidup dan pandangan bagi seluruh masyarakat. “Di Indonesia, masyarakat bisa hidup berdampingan dengan baik dan memahami norma-norma yang berlaku,” kata Sukirno.

Menurut dia, kekuatan Pancasila juga membuat seluruh lapisan masyarakat dapat memiliki tujuan yang jelas dan merasa aman dalam hal bernegara.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: