Jadi Pendamping Gibran, Teguh Prakosa Tercatat Miliki Harta Rp1,2 Miliar Lebih

Agregasi Solopos ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 17:20 WIB
Jadi Pendamping Gibran, Teguh Prakosa Tercatat Miliki Harta Rp1,2 Miliar Lebih
Teguh Prakosa, calon wakil wali kota (cawawali) Solo (kanan). (Foto: Antara)

SOLO, iNews.id - Teguh Prakosa, calon wakil wali kota (cawawali) Solo pendamping putra Jokowi Gibran Rakabuming Raka, merupakan legislator Fraksi PDIP DPRD Solo sejak tahun 2009 hingga kini. Teguh Prakosa juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Solo periode 2014-2019.

Namun di periode saat ini, Teguh Prakosa hanya menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi III DPRD Solo yang membidangi perekonomian dan badan usaha milik daerah (BUMD) Solo.

Teguh tak mengambil posisi Ketua DPRD Solo periode ini lantaran diusung sebagai cawawali Solo yang diusung DPC PDIP Solo saat itu. Akhirnya posisi Ketua DPRD Solo dipegang Budi Prasetyo, Wakil Sekretaris DPC PDIP Solo.

Awalnya Teguh diusulkan menjadi cawawali pendamping Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solo aat ini. Tapi rekomendasi dari DPP PDIP berkata lain. Teguh Prakosa ditunjuk sebagai pendamping Gibran Rakabuming.

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di laman Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) per Maret 2020, kekayaan Teguh diketahui sebesar Rp1.231.150.999. Kekayaan Teguh itu meliputi harta berupa tanah dan bangunan sebesar Rp800 juta. Aset tanah seluas 207 meter persegi dan bangunan 18 meter persegi itu berada di Kabupaten Wonogiri.

Ada juga kekayaan Teguh berupa alat transportasi dan mesin Rp302,5 juta berupa sepeda motor Suzuki JT 185 tahun 1976 senilai Rp2,5 juta dan mobil Honda HRV tahun 2016 senilai Rp300 juta. Sedangkan untuk harta kas dan setara kas milik Teguh Prakosa hanya Rp8.650.999. Sementara harta lainnya sebesar Rp120 juta.

Berdasarkan LHKPN Teguh yang dilaporkan ke KPK, dia tak mempunyai harta surat berharga dan bergerak lainnya. Jika dibandingkan dengan harta kekayaan cawabup Sukoharjo dari PDIP, Agus Santosa, harta kekayaan Teguh terpaut jauh. Sebab berdasarkan LHKPN di laman KPK, harta kekayaan pendamping Etik Suryani itu mencapai Rp2,778 miliar. Selisih harta kekayaan Agus dengan Teguh mencapai Rp1,5 miliar.

Artikel ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "Intip Harta Kekayaan Teguh Prakosa, Pendamping Gibran Di Pilkada Solo"


Editor : Nani Suherni