Jadi Satu-Satunya Partai yang Tak Merapat ke Gibran-Teguh, PKS: Memang Kenapa?

Agregasi Solopos · Rabu, 12 Agustus 2020 - 12:01:00 WIB
Jadi Satu-Satunya Partai yang Tak Merapat ke Gibran-Teguh, PKS: Memang Kenapa?
Ketua Bappilu DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto. (Foto: Istimewa)

SOLO, iNews.id - Partai Keadialan Sejahtera (PKS) menjadi satu-satunya partai politik pemilik kursi di DPRD Solo yang tidak mendukung putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai cawali di Pilkada 2020. PKS menilai keputusannya hal yang wajar dan hak politik partai.

“Memang kenapa kalau PKS enggak ke sana (mendukung Gibran)? Ya kan? Itu hak politik PKS,” ujar Ketua Bappilu DPD PKS Solo, Sugeng Riyanto, Selasa (11/8/2020) malam.

Menurutnya, PKS sudah menjaring aspirasi dari para konstituen. Kesimpulannya, sebagian besar konstituen PKS di Solo tidak menginginkan partai berlambang bulan sabit dan kapas itu mendukung Gibran Rakabuming Raka.

“Bahwa konstituen PKS, keumatan di Solo enggak menghendaki PKS mendukung Gibran,” ucapnya.

Namun, Sugeng mengakui ada sebagian kader dan elemen PKS yang mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. Salah satunya dari Kaukus Muda PKS yang beberapa kali menyuarakan sikap politik mereka di media massa.

“Tapi itu kan a part of global aspiration. Bagian kecil dari aspirasi global yang muncul. Tapi sebagian besarnya tidak menghendaki itu. Di situ PKS berkepentingan membangun komunikasi dengan publik mayoritas konstituen PKS,” ucapnya.

Disinggung alasan mayoritas konstituen PKS tidak mendukung Gibran di Pilkada Solo, menurut Sugeng bermacam-macam. Alasan pertama perbedaan ideologi partai antara PKS dengan PDIP. Dengan kondisi seperti itu segmen pemilihnya berbeda.

Segmen pemilih yang berbeda, ungkapnya sangat memungkinkan adanya figur berbeda tentang sosok pemimpin Solo ke depan. Selain itu konstituen PKS menilai perlunya ada pihak yang mengkritisi jalannya kekuasaan.

“Semangat di Solo ini harus ada yang mengkritisi kekuasaan. PKS mencoba hadir di ruang itu. Ketika yang lain nemplok ke sana, kami di luar. Menjadi penyeimbang untuk mengontrol kebijakan-kebijakan dari ekskeutif,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Solopos.com dengan judul "Kukuh Tidak Mendukung Gibran, PKS Solo: Memang Kenapa? Itu Hak Politik Kami"

Editor : Nani Suherni