Jakarta PSBB Lagi, Ganjar Minta Warga Jateng Tak Mudik

Ahmad Antoni ยท Senin, 14 September 2020 - 13:20 WIB
Jakarta PSBB Lagi, Ganjar Minta Warga Jateng Tak Mudik
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tampak serius berbincang dengan Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen saat rapat dengan instansi terakit membahas penanganan Covid-19. (Foto: SINDOnews/Ahmad Antoni)

SEMARANG, iNews.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh masyarakatnya di Jakarta membantu menyukseskan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta. Dia pun meminta warga tak pulang kampung ke Jateng.

Ganjar memastikan sudah intens berkomunikasi dengan Pemda DKI terkait hal itu. Tidak mudik menjadi sikap sopan warga Jateng sebagai pendatang di Ibu Kota.

"Ini sopan santun kita, sehingga kita bisa membantu apa yang ada di Jakarta agar nanti keputusannya bisa sukses. Dan masyarakat bisa sehat semuanya," ujarnya, usai memimpin rapat percepatan penanganan covid-19 di kantornya, Senin (14/9/2020).

Ganjar bahkan memastikan, dari pantauannya, pemudik dari Jakarta justru relatif turun. Sehingga tidak ada pergerakan yang siginifikan selama kebijakan PSBB Jakarta.

"Saya mengantisipasi kalau ada pemudik, sampai kemarin relatif turun, dalam arti tidak ada pergerakan dan justru lebih sedikit dibanding sebelumnya. Dishub saya minta pantau terus," katanya.

Terkait nasib warga Jateng yang ada di Jakarta, Ganjar juga telah meminta Dinas Sosial melakukan komunikasi. Dia lega, karena Pemprov DKI akan menjamin ketersediaan makan dengan membuat dapur umum di setiap RW.

"Maka urusan pemakaman selesai sudah. Kami belum melakukan tindakan yang lebih dari itu, tapi kami memantau tiap hari," katanya.


Editor : Nani Suherni