Jalur Utara KA Lumpuh akibat Banjir Tegal, Rute Dialihkan ke Selatan

Kastolani, Toiskandar ยท Senin, 12 Februari 2018 - 20:12 WIB
Jalur Utara KA Lumpuh akibat Banjir Tegal, Rute Dialihkan ke Selatan
Ratusan calon penumpang KA menunggu di Stasiun Besar Kejaksan Kota Cirebon, Jawa Barat akibat perjalanan kereta terganggu banjir. (Foto: iNews.id/Toiskandar)

TEGAL, iNews.id – Banjir yang melanda kawasan pantura di Brebes dan Kota Tegal tak hanya merendam ribuan rumah warga di dua daerah itu. Perjalanan sejumlah kereta api (KA) di jalur utara juga terganggu akibat perlintasan terendam banjir tepatnya di jalur Brebes-Tegal, yakni di perlintasan Krandon, Kota Tegal.

Beberapa KA yang mengalami keterlambatan akibat banjir tersebut, yakni KA Argo Bromo Anggrek, Argo Muria, Ciremai Ekspres, Menoreh, dan KA Argo Bromo. Rata-rata keterlambatan mencapai dua jam lebih.

Anggota Radio Antarpenduduk Indonesia (RAPI) Kota Tegal, Novyanto mengatakan banjir yang melanda Kota Tegal tahun ini tergolong parah. Banjir di antaranya melanda Krandon, Kalinyamat, Sumur Panggang, dan Margadana.

“Ketinggian banjir rata-rata satu meter, bahkan di underpass Margadana mencapai 2,5 meter. Sehingga arus lalu lintas lumpuh karena jalur tak bisa dilewati,” katanya, Senin (12/2/2018).

Sementara itu, ratusan penumpang KA menumpuk di Stasiun Besar Kejaksan Kota Cirebon, Jawa Barat. Hingga malam ini, ratusan calon penumpang tujuan Jakarta harus menunggu lebih lama setalah jalur KA terendam banjir di Kelurahan Krandon, Kota Tegal.

Salah seorang penumpang KA, Marisa mengaku sudah menunggu kedatangan KA lebih dari satu jam. “Tapi, keretanya belum datiag juga. Informasinya, kereta terlambat karena ada rel yang terendam banjir di Brebes,” katanya.

Dia mengaku tidak tahu sampai kapan harus menunggu kedatangan KA yang akan dinaikinya. "Belum tahu juga, karena belum jelas," ucapnya.

Wakil Kepala Stasiun Kejaksan, Aang mengatakan banjir yang menggenangi perlintasan KA mengakibatkan perjalanan sejumlah KA terganggu. Saat ini, petugas PT KAI Daops 3 Cirebon sedang memperbaiki jalur KA yang rusak akibat banjir. “Untuk perjalanan KA sementara dialihkan ke jalur selatan karena proses perbaikan jalur kereta akan memakan waktu yang cukup lama,” katanya.


Editor : Kastolani Marzuki