Jelajah Kuliner Solo, Ada Gongso hingga Wedang Asle

Muhammad Fida Ul Haq ยท Sabtu, 15 Februari 2020 - 13:57 WIB
Jelajah Kuliner Solo, Ada Gongso hingga Wedang Asle
Masakan Gongso Solo (Foto:dok Pemkot Solo)

SOLO, iNews.id - Kota Solo terkenal sebagai kota kuliner, dengan berbagai macam makanan yang bisa ditemui setiap sudut kota. Beragam kuliner yang ada cukup terjangkau untuk dinikmati bersama keluarga.

Pilihannya sangat banyak, namun ada beberapa kuliner pilihan yang patut dicoba selama akhir pekan. Di antaranya Gongso Songo, Es Krim Tentrem, hingga Wedang Asle.

Berikut rincian kuliner yang dirangkum iNews.id dari situs resmi Pemkot Solo, Sabtu (15/2/2020):

1. Warung Gongso Songo

Masakan gongso yang menggunakan bahan dasar daging dan jerohan ini dimasak dengan minyak dan bawang merah, lengkuas, daun salam dan serai, digoreng hingga wangi. Masakan Gongso memakai berbagai macam bahan seperti daging ayam suwir, usus sapi, babat, ati ampela, bakso hingga ceker ayam.

Warung Gongso Songo bisa ditemukan di Jalan Nuri III no. 14 Sambeng, Mangkubumen. Buka setiap hari dari jam 11.00 WIB – 21.00 WIB. Dengan konsep warung makan yang homey, membuat para pengunjung merasa nyaman dan serasa makan dirumah sendiri, membuat warung ini menjadi salah satu favorit dan perlu dicoba.

2. New Eskrim Tentrem

New Eskrim Tentrem (Foto:Dok Pemkot Solo)
New Eskrim Tentrem (Foto:Dok Pemkot Solo)

New Es Krim Tentrem terletak di Jalan Slamet Riyadi tepatnya perempatan Ngarsopuro, sudah didirikan sejak tahun 1952. Toko ini beralamat lengkap di Jl. Slamet Riyadi No. 132. Buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB setiap harinya.

Berbagai macam menu hidangan es krim tersedia disini antara lain Es Krim Tumpeng Sari, Zebrarta, Banana Split, Happy Day, Es Pelangi, Es Dewa Mabuk dan masih banyak lagi, Pelayanan di toko es krim New Tentrem di Solo ini cukup baik dan banyak.

3. Wedang Asle

Wedang Asle (Foto:Dok Pemkot Solo)
Wedang Asle (Foto:Dok Pemkot Solo)

Salah satu kuliner yang cukup terkenal yakni wedang asle. Wedang asle merupakan minuman tradisional yang tak hanya enak dinikmati tetapi juga selalu menghadirkan rasa kangen.

Wedang asle tidak disajikan dalam gelas, melainkan pada mangkuk kecil. Untuk meminumnya dengan menggunakan sendok bebek (sendok pipih). Wedang asle terbuat dari ketan putih yang berasa sedikit manis, potongan agar-agar, juga irisan roti tawar dan sedikit gula pasir. Sebelum disajikan, pedagang akan mengguyur bahan-bahan tersebut dengan santan hangat yang gurih. Seperti ciri wedang lain, wedang asle disajikan hangat.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq