Jelang Lebaran, Harga Sayuran dan Bumbu Dapur di Kendal Melonjak

Eddie Prayitno ยท Rabu, 13 Juni 2018 - 16:19 WIB
Jelang Lebaran, Harga Sayuran dan Bumbu Dapur di Kendal Melonjak
Pedagang pasar. (Foto: iNews/Eddie Prayitno).

KENDAL, iNews.id – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H, harga sejumlah sayuran dan bumbu dapur di Pasar Tradisional Gringsing Batang, Kendal, Jawa Tengah (Jateng) melonjak. Seperti cabai merah, tomat dan bawang merah.

Harga cabai merah dari Rp35.000 kini menjadi Rp40.000 per kilogram (kg). Sedangkan bawang merah dari Rp25.000, kini pedagang menjualnya dengan harga Rp30.000 per kg. Sementara itu Tomat juga naik, kini dijual Rp8.000 per kg.

Sejumlah pedagang mengakui, kenaikan ini dipicu pasokan yang sedikit sementara permintaan warga untuk kebutuhan Lebaran meningkat tajam. Menurut penuturan mereka, rata-rata kenaikan sekitar Rp5.000 per kg.

“Sudah dua hari harga kebutuhan pokok terus naik. Yang pasti saya tidak tahu mengapa harga kebutuhan baik sampai sekarang juga tidak ada arahan harga dari pemerintah supaya tidak naik,” kata Pedagang, Sri, Rabu (13/6/2018).

Bagi masyarakat kenaikan harga sayuran dan bumbu dapur tersebut, cukup memberatkan. Namun mereka tidak bisa berbuat banyak karena saling membutuhkan, terlebih pasokan berkurang karena sudah memasuki libur panjang. “Sudah pasti harga akan naik, dipastikan akan terus melonjak menjelang Lebaran,” ujarnya.


Editor : Muhammad Saiful Hadi