Jelang Peparnas XVI Papua, Begini Persiapan Atlet Paralimpik UNS

Ary Wahyu Wibowo ยท Rabu, 13 Oktober 2021 - 11:41:00 WIB
Jelang Peparnas XVI Papua, Begini Persiapan Atlet Paralimpik UNS
Figo Saputra mahasiswa UNS yang akan berlaga dalam Peparnas XVI Papua 2021. Foto: Ist.

SOLO, iNews.id – Sejumlah mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjadi atlet yang akan berlaga dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021. Mereka tengah mempersiapkan diri di pemusatan latihan menjelang perhelatan yang akan berlangsung 2-15 November 2021. 

Atlet yang akan berlaga di Peparnas XVI Papua 2021 di antaranya Figo Saputra asal program studi (Prodi) S-1  Pendidikan Kepelatihan Olahraga (Penkepor) Fakultas Keolahragaan (FKOR), dan Karisma Evi Tiarani asal Prodi S-1 Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP).

Keduanya adalah mahasiswa UNS yang pernah mewakili Indonesia di kancah internasional dan sama-sama memperkuat Kontingen Jawa Tengah. Selama di pemusatan latihan Kontingen Jateng, Figo Saputra dan Karisma Evi Tiarani berada di bawah pendampingan tiga dosen FKOR UNS yang bertindak sebagai pelatih. Mereka adalah Bagus Kuncoro, Agus Widayat, dan Winarno.

Mengenai persiapan apa saja yang sudah dilakoni, mereka kompak menjawab jika sudah menjalani program latihan sejak jauh-jauh hari. Karisma Evi Tiarani yang merupakan atlet paralimpik cabang olahraga (cabor) atletik mengatakan, dirinya sudah melakoni program latihan sekitar satu tahun.

"Insyaallah sudah siap karena sudah menjalankan program dari pelatih, mulai latihan udah dari pas persiapan Paralympic, jadi sekitar satu tahunan," ujar Karisma Evi Tiarani melalui siaran pers Humas UNS, Rabu (13/10/2021). 

Dikatakannya, porsi latihan yang dilahap tidak jauh berbeda dengan kompetisi sebelumnya. Walau sudah menjalani latihan sejak jauh-jauh hari, ia mengaku sempat mengalami kendala. Sebab usai pulang dari Paralimpiade Tokyo, Jepang, Karisma Evi Tiarani bersama rekan-rekan atlet paralimpik Indonesia beserta tim pelatih dan CDM diwajibkan menjalani masa karantina. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: