Jokowi Harap Tol Semarang-Demak Kurangi Kemacetan Kaligawe-Bandara A Yani

Ahmad Antoni · Jumat, 11 Juni 2021 - 17:26:00 WIB
Jokowi Harap Tol Semarang-Demak Kurangi Kemacetan Kaligawe-Bandara A Yani
Presiden Jokowi saat meninjau progres pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak, Jumat (11/6/2021). (foto: Istimewa)

DEMAK, iNews.id  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Jumat (11/6/2021). Jokowi meninjau progres pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak yang terintegrasi dengan pembangunan tanggul laut.

“Ini merupakan bagian dari jaringan Tol Jawa Koridor pantai utara jawa. Koridor ini akan menghubungkan, Semarang, Demak, Rembang, Tuban dan Gresik, dan yang untuk ruas Gresik Surabaya telah terhubung jalan tol dan telah dioperasikan,” kata Jokowi.

Jokowi berharap, keberadaan tol ini nantinya akan mengurangi kemacetan lalu lintas. Terutama dari Kaligawe menuju ke Bandar Udara Ahmad Yani Semarang.

“Jalan tol ini kita harapkan akan mengurangi kemacetan lalu lintas secara signifikan Kaligawe dan bandar udara Ahmad Yani, ini yang sudah berpuluh-puluh tahun selalu macet baik karena kendaraan-kendaraan besar yang semuanya lewat di jalur ini,” katanya.

Keistimewaan jalan tol ini, lanjut Jokowi, adalah fungsinya yang tak hanya sebagai penghubung. Tetapi juga sebagai tanggul laut yang akan berfungsi sebagai pengendalian banjir.

“Jalan Tol Semarang Demak ini juga akan berfungsi untuk pengendalian banjir dengan adanya fungsi kolam retensi dan adanya nanti tanggul laut dan pengembangan area yang tadinya terendam menjadi kering,” ujar mantan Wali Kota Solo ini.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: