Jokowi Resmikan Stadion Manahan Solo yang Diharapkan Jadi Venue Piala Dunia U-20

Kuntadi, Antara ยท Sabtu, 15 Februari 2020 - 22:59 WIB
Jokowi Resmikan Stadion Manahan Solo yang Diharapkan Jadi Venue Piala Dunia U-20
Presiden Jokowi didampingi Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo usai meresmikan renovasi dan pengembangan Stadion Manahan Solo, Jateng, Sabtu malam (15/2/2020). (Foto: Antara)

SOLO, iNews.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah (Jateng), yang direnovasi sejak 2018 dengan anggaran sekitar Rp301 miliar, Sabtu (15/2/2020). Stadion yang kini berstandar internasional menjadi salah satu venue yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 pada 2021.

Kedatangan Presiden Jokowi dalam acara peresmian renovasi dan pengembangan Stadion Manahan Solo, didampingi ibu Negara Iriana Jokowi. Jokowi sekaligus menyaksikan pertandingan persahabatan Persis melawan Persib Bandung dalam rangka HUT ke-20 Suporter Pasoepati

Peresmian renovasi dan pengembangan Stadion Manahan Solo ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi. Tampak juga mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Presiden Jokowi mengatakan, setelah dilakukan renovasi dan pengembangan besar-besaran, Stadion Manahan Solo kini menjadi stadion yang megah. Kondisinya jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

“Stadion Manahan Solo semoga ditetapkan menjadi salah satu venue tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021,” kata Jokowi.

Sementara Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan, Stadion Manahan Solo direnovasi sejak 2018 hingga September 2019 dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp301 miliar. Setelah selesai direnovasi, Stadion Manahan Solo kini diserahkan kepada Pemerintah Kota Surakarta untuk dikelola.

“Kami bersama warga Solo telah siap untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021,” kata Rudyatmo.

Diketahui, Stadion Manahan merupakan satu dari enam stadion yang telah dipilih oleh FIFA untuk menjadi stadion penyelenggara pertandingan Piala Dunia FIFA U20 tahun 2021. Setelah renovasi, Stadion Manahan dapat menampung 20.000 penonton.

Peresmian Stadion Manahan ini menjadi salah satu dari agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi pada Sabtu, 15 Februari 2020 di Provinsi Jateng. Sebelumnya Jokowi mengawali kunjungan ke Desa Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, untuk menanam pohon porang, buah-buahan, hingga vetiver dengan sistem agroforestri bersama masyarakat setempat. Presiden juga meninjau kebun bibit dan dam penahan erosi.

Jumat kemarin, Presiden Jokowi juga ke Taman Nasional Gunung Merapi Jurang Jero, Kabupaten Magelang. Presiden bertolak dari Pangkalan TNI AU Adi Sucipto, Kabupaten Sleman, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 14.10 WIB.


Editor : Maria Christina