Kakek di Kebumen Ini Tinggal Sebatang Kara di Gubuk Reyot

Joe Hartoyo ยท Rabu, 15 September 2021 - 11:48:00 WIB
Kakek di Kebumen Ini Tinggal Sebatang Kara di Gubuk Reyot
Sudarsono atau Mbah Susah, warga Desa Karangrejo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten yang tinggal di gubuk reyot. Foto: iNews/ Joe Hartoyo.

KEBUMEN, iNews.id – Kondisi Sudarsono atau Mbah Susah, warga Desa Karangrejo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen sungguh memprihatinkan. Sejak lima tahun terakhir, pria berusia 65 tahun ini tinggal di gubuk reyot berukuran 3×2 meter persegi. 

Gubuk yang ditinggali Mbah Susah berada di atas lahan pekarangan milik warga. Ia hidup sebatang kara tanpa keluarga yang menemani. Sudarsono hanya mengandalkan bantuan dari tetangga sekitar untuk makan. 

“Tidak punya saudara, yang memberi makan siapa yang ikhlas,” kata Ibu Saring, salah satu tetangga, Rabu (15/9/2021). 

Kondisi kesehatannya juga sangat memprihatinkan. Fisiknya sangat lemah, dan kedua matanya sakit hingga tidak bisa melihat. 

Kondisi yang dialami Mbah Susah mengundang perhatian Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto. Ia menyempatkan diri menemui warganya yang hidup sebatang kara tersebut. Bupati juga berbincang dengan Mbah Susah. 

Kakek renta ini akan dibawa ke panti jompo agar ada yang merawat. Sebab kondisi kesehatannya juga kurang baik. Kedua matanya yang sakit rencana akan dioperasi dulu. Bupati memutuskan Mbah Susah dibawa Dinas Sosial guna dirawat di panti. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada warga yang selama ini sudah ikut membantu Mbah susah,” kata Bupati Arif Sugiyanto. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo