Kapal Terbakar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang setelah Ledakan Keras, 2 ABK Terluka

Donny Marendra ยท Kamis, 21 November 2019 - 19:15 WIB
Kapal Terbakar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang setelah Ledakan Keras, 2 ABK Terluka
Mobil Kepolisian ikut membantu memadamkan api yang membakar Kapal Motor Cahaya Mandiri ludes terbakar di Dermaga Pelayaran Rakyat, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (21/11/2019). (Foto: iNews/Donny Marendra)

SEMARANG, iNews.id – Kapal Motor Cahaya Mandiri ludes terbakar di Dermaga Pelayaran Rakyat, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (21/11/2019). Api yang membakar kapal diduga berasal ledakan dari dapur kapal motor. Kebakaran tersebut mengakibatkan dua anak buah kapal (ABK) luka-luka.

Kencangnya embusan angin membuat api dengan cepat menghanguskan Kapal Motor Cahaya Mandiri, Kamis siang. Untuk memadamkan api, kapal boat pemadam dari PT Pelindo 3 serta empat unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan.

Namun, material kapal yang terbuat dari kayu serta bahan bawaan yang mudah terbakar seperti tabung elpiji, kasur busa, dan barang-barang kelontong membuat api sulit dijinakkan. Untuk mempercepat pemadaman api, Polrestabes Semarang turut membantu dengan menurunkan satu unit mobil water cannon.

Hawa panas yang ditimbulkan dari kebakaran tersebut melelehkan sejumlah sepeda motor yang parkir di sekitar tempat kejadian. Bahkan, api juga sempat membakar bagian depan kapal Basarnas yang bersandar di dekat Kapal Cahaya Mandiri.

Petugas cukup berhati-hati dalam memadamkan api karena muatan tabung elpiji yang mudah meledak. Apalagi saat pemadaman, sesekali masih terjadi ledakan dari atas kapal motor tersebut.

Petugas berusaha memadamkan api yang membakar Kapal Motor Cahaya Mandiri ludes terbakar di Dermaga Pelayaran Rakyat, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (21/11/2019). (Foto: iNews/Donny Marendra)

Saksi mata, Andika mengatakan, awalnya dia mendengar suara ledakan keras dari arah kapal. Setelah itu, muncul api dan dalam waktu singkat membakar kapal.

“Saya dengar suara ledakan keras waktu duduk-duduk di situ. Saya langsung lari. Saya lihat, api sudah membesar dan membakar kapal sampai habis. Apinya cepat banget merembet,” kata Andika.

Petugas menyiramkan air ke sepeda motor yang mulai meleleh karena diparkir di samping Kapal Motor Cahaya Mandiri yang terbakar di Dermaga Pelayaran Rakyat, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jateng, Kamis (21/11/2019). (Foto: iNews/Donny Marendra)

Sementara Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KKSOP)Tanjung Emas Ahmad Wahid mengatakan, saat terjadi ledakan di kapal, KKSOP sedang mengadakan kegiatan di sekitar TKP. Api yang membakar kapal diduga berasal dari ledakan di dapur saat ABK memasak.

“Kami langsung menggerakkan anggota untuk memadamkan api. Dari kepolisian dan banyak pihak juga tadi ikut membantu. Kapal-kapal yang bersandar di sini langsung digerakkan untuk memisahkan diri dari kapal yang terbakar sehingga yang terbakar hanya kapal ini,” katanya.

Petugas berhasil memadamkan api sekitar dua jam kemudian dan lanngsung melakukan pendinginan. Belum diketahui kerugian materi akibat kejadian ini. Polisi masih menyelidiki penyebab pasti kebakaran. Sementara dua ABK yang mengalami luka sudah dilarikan ke rumah sakit.


Editor : Maria Christina