Kapusdokkes Sebut Seluruh RS Polri Siap Jadi Rujukan Pasien Covid-19

Antara ยท Kamis, 25 Juni 2020 - 13:43 WIB
Kapusdokkes Sebut Seluruh RS Polri Siap Jadi Rujukan Pasien Covid-19
ilustrasi kamar tempat pasien positif Covid-19. (Foto: Istimewa)

SEMARANG, iNews.id - Seluruh rumah sakit Polri yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia siap menjadi rujukan pasien Covid-19. Hal itu disampaikan langsung Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokkes) Polri Brigjen Pol Rusdianto.

"Seluruh RS Polri siap berkontribusi untuk penanganan Covid-19," katanya usai mendampingi Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi meresmikan sejumlah fasilitas baru RS Bhayangkara Semarang, Jawa Tengah, Kamis (25/6/2020).

Menurutnya, seluruh RS Bhayangkara yang tersebar di berbagai wilayah sudah dilengkapi dengan ventilator. Dia mencontohkan RS Bhayangkara Semarang yang saat ini sudah memiliki empat ventilator.

Selain ventilator, sudah ada lima RS Bhayangkara yang sudah dilengkapi dengan pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction). Dengan begitu, proses pemeriksaan tes swab bisa dilakukan lebih cepat.

Rusdianto menegaskan, ke depan RS Bhayangkara akan memperbanyak pemeriksaan PCR. Rumah sakit ini ungkapnya, bukan hanya untuk anggota Polri yang terpapar Covid-19, namun juga masyarakat umum.


Editor : Nani Suherni