Kejar Pilgub Jateng, Dispendukcapil Kendal Jemput Bola Rekam E-KTP

Eddie Prayitno ยท Jumat, 01 Juni 2018 - 00:30 WIB
Kejar Pilgub Jateng, Dispendukcapil Kendal Jemput Bola Rekam E-KTP
Petugas Dispendukcapil Kendal merekam data e-KTP warga di Alun-Alun Kendal. (Foto: iNews.id/Eddie Prayitno)

KENDAL, iNews.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dipendukcapil) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah melakukan jemput bola dengan membuka pelayanan perekaman KTP elektronik (e-KTP) di tempat-tempat keramaian. Langkah ini untuk memudahkan warga yang tidak sempat mengurus e-KTP di Kantor Dipendukcapil.

Salah satu lokasi pelayanan perekaman e-KTP itu digelar dibuka di Alun-Alun Kendal. Layanan keliling itu disambut antusias warga yang saat itu sedang berbelanja di pasar murah Pemkab Kendal.

Kepala Seksie Sistem  Administrasi Kependudukan  (SIAK) Dispendukcapil Kendal, Suryanto mengatakan, sistem jemput bola perekaman e-KTP ini bertujuan memudahkan masyarakat yang akan merekam data, terutama warga yang rumahnya jauh dari Kantor Dispendukcapil. “Dengan pelayanan jemput bola ini, masyarakat datang langsung merekam data. Untuk cetak e-KTP-nya dilakukan di kantor menunggu beberapa hari,” katanya, Kamis (31/5/2018).

Dia menjelaskan, lokasi perekaman e-KTP keliling ini selalu berpindah-pindah mulai dari desa, sekolah, serta tempat keramaian umum. “Harapan kami, semua warga sudah punya e-KTP saat Pilgub Jateng digelar,” ucapnya.

Suryanto menyebutkan, dalam satu hari biasanya bisa melakukan perekaman e-KTP antara 30 hingga 100 orang bergantung lokasi. "Tergantung lokasinya. Kalau ramai ya sampai 100 orang," ujarnya.

Salah satu warga, Edi mengaku sangat terbantu dengan pelayanan e-KTP keliling yang dilakukan Dispendukcapil. “Saya sendiri belum sempat melakukan perekaman dan KTP yang saya miliki ini masih KTP lama. Nah, sekarang ada layananan keliling jadi lebih memudahkan warga karena tidak harus antre,” katanya.

Warga lainnya, Suhardi juga mengaku lebih memilih merekam data e-KTP di mobil operasional Dispendukcapil karena tidak perlu mengantre lama. “Kalau datang ke Kantor Dispendukcapil harus meluangkan waktu dan berdesakan dengan pemohon lainnya,” ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki