Kelenteng Sam Po Kong, Lokasi Wisata Sejarah Populer di Semarang

Vien Dimyati ยท Minggu, 26 Januari 2020 - 14:18 WIB
Kelenteng Sam Po Kong, Lokasi Wisata Sejarah Populer di Semarang
Sam Po Kong, Foto: dok. Pemkot Semarang

SEMARANG, iNews.id - Berwisata ke Semarang belum lengkap tanpa berwisata mengunjungi bangunan bersejarah. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Kelenteng Sam Po Kong yang dulunya bernama Gedung Batu.

Bangunannya unik dan sangat kental dengan budaya China. Berada di sini traveler akan merasakan layaknya di luar negeri. Kelenteng ini tidak lepas dari kisah sejarah Laksamana Cheng Ho.

Seperti dilihat di situs resmi Pemerintah Kota Semarang, Minggu (26/1/2020), Kelenteng Sam Po Kong dulunya merupakan lokasi ibadah dari Laksamana Cheng Ho dan para anak buahnya yang sudah memeluk agama Islam. Akan tetapi, tempat ini sudah beralih fungsi menjadi tempat peringatan dan pemujaan umat Kong Hu Cu. Selain sebagai tempat pemujaan, Kelenteng Sam Po Kong semakin ramai dikunjungi sebagai tempat wisata.

Patung Cheng Ho di Sam Po Kong, (Foto: dok. Pemkot Semarang)
Patung Cheng Ho di Sam Po Kong, (Foto: dok. Pemkot Semarang)

BACA JUGA:

5 Kota di Jawa Tengah Miliki Objek Wisata Eksotis, Cocok untuk Liburan Tahun Baru

Wisata Instagramable di Semarang, Kulineran di Lakers BSB sambil Berenang Lihat Pemandangan Gunung

Bentuk bangunannya yang unik memiliki daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Bangunannya sangat khas China dengan warna cat dominasi merah. Tidak sedikit dari mereka berswafoto di sini.

Letaknya berada di daerah Simongan, sebelah barat Kota Semarang. Lokasinya tak begitu jauh dari pusat kota. Di sini pengunjung bisa berkeliling mengunjungi semua kelenteng dan berburu spot instagramable.

Pengunjung juga bisa menyewa pakaian khas China dan mengabadikan momen langka ini. Ada empat kelenteng yang bisa kita kunjungi, yaitu Kelenteng Dewa Bumi, Kelenteng Juru Mudi, Kelenteng Sam Poo Tay Dijen, dan Kelenteng Kyai Jangkar.

Untuk mencapai Kelenteng Sam Po Kong, Anda dapat menuju ke Jalan Simongan, Bingsari, Semarang. Lokasinya kurang lebih 5 km dari pusat Kota Semarang atau 4 km dari Bandara Ahmad Yani.

 


Editor : Muhammad Fida Ul Haq