Keluarga di Solo Ungkap Nunung Sudah Pernah Direhabilitasi

Tata Rahmanta ยท Minggu, 21 Juli 2019 - 02:38 WIB
Keluarga di Solo Ungkap Nunung Sudah Pernah Direhabilitasi
Adik Nunung, Adi Dinar saat ditemui di Solo, Jawa Tengah, berharap komedian itu bisa segera direhabilitasi, Sabtu (20/7/2019). (Foto: iNews/Tata Rahmanta)

SOLO, iNews.id – Keluarga di Solo, Jawa Tengah (Jateng), berharap Nunung yang ditangkap karena terbukti mengonsumsi narkoba, bisa direhabilitasi. Apalagi, komedian kondang itu disebut sudah pernah menjalani rehabilitasi di sebuah yayasan bernama Orbit.

Adik kandung Nunung, Adi Dinar, mengatakan, keluarga memang sangat kaget mengetahui Nunung terjerat kasus narkoba. Namun, Dinar didampingi saudara-saudara Nunung yang lain juga terkesan memaklumi kondisi komedian itu karena sebelumnya dia pernah direhabilitasi di Yayasan Orbit Surabaya.

Dari penelusuran iNews, Yayasan Orbit Surabaya memiliki Rumah Rehab yang diberi nama Rumah Sehat Orbit Surabaya untuk merehab para korban Napza (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif) di Perumahan Margorejo Indah Utara Blok B No 922.

“Sebetulnya Mba Nunung itu memang ya sudah pernah melakukan rehabilitasi di Orbit, lembaga rehabilitasi yang bekerja sama dengan BNN (Badan Narkotika Nasional) di Surabaya itu. Memang lagi perjalanan rehab. Mungkin dia pengaruh,” kata Adi saat ditemui di rumah pribadi Nunung di Solo, Sabtu (20/7/2019).


BACA JUGA: Baru Bertemu, Keluarga di Solo Kaget Nunung Terjerat Kasus Narkoba


Adi mengungkapkan, dirinya malah menduga suami Nunung yang pemakai berat narkoba. Selain itu, ada keluarga mereka yang diduga terlibat dalam kasus Nunung dan memasok sabu kepada suami komedian yang sempat tergabung dalam grup lawak Srimulat itu.

“Jadi kalau yang saya lihat selama ini yang pemakai berat itu malah suaminya. Kalau Mba Nunung surat rehab ada. Bahkan Orbit juga ngebel ke kita, kalau mau dimintai keterangan, asal bisa kerja sama, mau datang ke Jakarta untuk menjadi saksi,” katanya.

Keluarga pun menduga hasil tes yang menyatakan Nunung positif menggunakan narkoba, bisa saja terkait dengan obat yang selama ini dia konsumsi. Obat itu diperoleh dengan resep dokter di Jakarta atas penyakit yang dideritanya.

“Kemarin memang disebutkan sempat positif, lah positifnya itu apa, dari Orbit, mungkin obat yang dari dokter. Mba Nunung kan ada semacam penyakit psikologis. Ada obat yang dari profesor siapa di rumah sakit di Jakarta sana,” katanya.


BACA JUGA: Keluarga Diizinkan Jenguk Nunung di Rutan Polda Metro Minggu


Dari yang diketahui keluarga, obat itu semacam obat penenang. Nunung mengonsumsinya jika sedang merasa capek. “Semacam obat penenang kalau Mba Nunung capek, apa mungkin habis konsumsi itu. Katanya itu kalau obat itu dites pun hasilnya positif, karena semacam obat penenang. Makanya tadi saya disuruh tolong kumpulkan resep-resepnya itu yang disimpan di Jakarta, itu nanti sebagai barang bukti mungkin bisa membantu kasusnya,” kaya Adi.

Keponakan Nunung, Niar menambahkan, pascapenangkapan Nunung bersama suaminya, pihak Yayasan Orbit Surabaya telah mempersiapkan data-data. Diharapkan hal itu bisa membantu proses agar Nunung bisa direhabilitasi.

“Pihak Orbit sudah siapkan data-datanya. Ya mudah-mudahan, kami minta doanya buat semua agar semua prosesnya lancar, Mama Nunung bisa dilanjutkan rehabnya,” kata Niar.

Keluarga juga meminta dukungan dari masyarakat agar kasus Nunung bisa diselesaikan dengan baik. “Ya, namanya manusia itu pasti ada khilafnya. Apalagi mama Nunung dengan kondisi kejiwaan seperti itu dan stamina yang dibutuhkan berlebihan, ya musibah juga lah. Satu sisi juga teguran dari Yang di Atas. Ya semuanya itu diambil hikmahnya aja,” katanya.

“Kami minta doanya semua prosesnya bisa lancar, trus Mama Nunung bisa segera direhabilitasi. Semua kasusnya bisa diselesaikan dengan baik, itu aja,” ujar Niar.


Editor : Maria Christina