Keutamaan Membaca Surat Al Waqi'ah, Dilancarkan Rezeki dan Dijauhkan dari Kefakiran

Kastolani · Senin, 18 November 2019 - 05:15:00 WIB
Keutamaan Membaca Surat Al Waqi'ah, Dilancarkan Rezeki dan Dijauhkan dari Kefakiran
Membaca surat Al Waqi'ah memiliki banyak keutamaan. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Keutamaan Surat Al Waqi'ah, Alquran merupakan salah satu mukjizat yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad Saw.

Orang yang membaca Alquran selain mendapat pahala, juga membuat hati tenang.

Dalam Alquran, ada beberapa surat istimewa. Salah satunya Al Waqi'ah artinya Hari Kiamat. Para ulama menyatakan keutamaan membaca surat ini akan dimudahkan dan dicukupkan rezekinya oleh Allah SWT, serta dijauhkan dari kefakiran.

Surat ini termasuk surah Makkiyyah yang turun pada masa Rasulullah belum hijrah ke Madinah.

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, dijelaskan Abu Ishaq telah meriwayatkan dari Ikrimah, dari Ibnu Abbas, bahwa sahabat Abu Bakar pernah bertanya, "Wahai Rasulullah, engkau kelihatan telah beruban.

" Rasulullah Saw menjawab: Telah membuatku beruban surat Hud, surat Al-Waqiah, surat Al-Mursalat, surat An-Naba, dan surat At-Takwir".

Imam Turmuzi telah meriwayatkan hadis ini, dan ia mengatakan bahwa predikat hadis ini hasan garib.

Al-Hafiz ibnu Asakir telah mengatakan dalam biografi Abdullah ibnu Masud lengkap dengan sanadnya sampai kepada Amr ibnur Rabi ibnuTariq Al-Masri, telah menceritakan kepada kami As-Sirri ibnu Yahya Asy-Syaibani, dari Abu Syuja, dari Abu Zabyah yang mengatakan bahwa Abdullah ibnu Masud dalam sakitnya yang mengantarkan kepada kematiannya dijenguk oleh Usman ibnu Affan, lalu Usman bertanya.

"Sakit apakah yang engkau rasakan?" Ibnu Masud menjawab, "Dosa-dosakulah yang membuatku sakit." Usman bertanya, "Apakah yang engkau inginkan?" Ibnu Masud menjawab, "Rahmat Tuhanku." Usman bertanya, "Maukah engkau kudatangkan seorang tabib?" Ibnu Masud menjawab, "Tabib akan membuatku bertambah parah."

Usman bertanya, "Maukah aku perintahkan agar kuberikan ata (pemberian) untukmu?" Ibnu Masud menjawab, "Saya tidak memerlukannya."

Usman berkata, "Itu nantinya untuk anak-anak perempuanku sesudah kamu tiada." Ibnu Masud menjawab, "Apakah aku mengkhawatirkan anak-anak perempuanku jatuh fakir? Sesungguhnya aku telah memerintahkan kepada semua anak perempuanku agar setiap malam membaca surat Al-Waqiah karena aku pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda:

"Man qoraa suratal Waqi'ah kulla laylatin, lam tusibhu faaqotan abadan".

Artinya: "Barang siapa yang membaca surat Al Waqi'ah tiap malam, niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanya.”

Wallahu A'lam Bissawab.

Editor : Kastolani Marzuki

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel: