Hikmah

Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Kastolani · Jumat, 24 Januari 2020 - 05:34 WIB
Keutamaan Sedekah di Hari Jumat
Warga tidak mampu dengan tertib mengantre di warung sedekah Polsek Sunggal, Medan. (Foto: Dok.iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Sedekah merupakan perbuatan mulia dan besar pahalanya. Selain sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat dan karunia rezeki yang diberikan Allah, bersedekah juga mengasah empati kepada sesama terutama kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan. 

Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri  dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al Baqarah: 195).

Belakangan ini, banyak komunitas masyarakat Muslim yang melakukan gerakan sedekah Jumat. Fenomena sosial ini jelas sangat baik dan perlu ditiru, terlebih sedekah itu dilakukan di hari Jumat.

Kenapa sedekah di hari Jumat? Karena banyak keutamaan melakukan amalan itu di hari yang mulia dibanding pada hari-hari biasa.

Dalam hadits Rasulullah SAW, disebutkan anjuran khusus tentang keutamaan sedekah di hari Jumat. Berikut haditsnya:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى مِنْبَرِهِ يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى رَبِّكُمْ قَبْلَ أَنْ تَمُوتُوا وَبَادِرُوا إِلَيْهِ بِالْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ وَصِلُوا الَّذِي بَيْنَهُ وَبَيْنكُمْ بِكَثْرَةِ ذِكْرِكُمْ وَبِكَثْرَةِ الصَّدَقَةِ فِي السِّرِّ وَالْعَلَانِيَّةِ، تُؤْجَرُوا، وَتُنْصَرُوا، وَتُرْزَقُوا،

“Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah SAW bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Bersegeralah kembali pada-Nya dengan amal-amal saleh, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak dzikir dan sedekahlah di saat sepi dan ramai, maka kalian akan diganjar, ditolong dan diberi rizki.” (HR. al-Kassi dalam kitab al-Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid).

Ibnul Qayyim berkata, ”Bersedekah pada hari Jum’at dibandingkan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti bersedekah pada bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Dalam riwayat lain, Rasulullah bersabda:
والصدقة فيه أعظم من الصدقة في سائر الأيام
”Bersedekah di dalamnya lebih besar (pahalanya) daripada bersedekah pada hari lainnya.” (hadits mauquf shahih namun memiliki hukum marfu’).

Nah, Muslim di hari Jumat yang penuh barokah ini mari perbanyak amalan dan sedekah agar mendapatkan kemuliaan dan pahala.

Wallahu A'lam Bishshawab.


Editor : Kastolani Marzuki