Keutamaan Zikir Laa Ilaaha Illallah

Kastolani ยท Jumat, 22 November 2019 - 07:54 WIB
Keutamaan Zikir Laa Ilaaha Illallah
Berzikir merupakan amalan yang dianjurkan dan akan membuat jiwa semakin tenang. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - " Fadzkuruuni adzkurkum, wasykuruulii walaa takfuruun" (QS. Al Baqarah:152).

Artinya: Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

Zikir merupakan amalan yang yang sangat dianjurkan dalam Alquran. Sebab, dengan berzikir (mengingat Allah) hati menjadi tenang.

Salah satu amalan zikir yang paling utama adalah dengan menyebut kalimat thoyyibah Laa Ilaaha Illallah. Zikir ini merupakan sebaik-baiknya zikir agar hati lebih bercahaya dan terhindar dari nafsu yang buruk.

Pakar hadis dan tafsir KH Bahauddin Nursalim (Gus Baha) mengatakan, dalam musnad Imam Ahmad diriwayatkan ada orang yang dihisab Allah di depan umum. Setelah dibuka semua dokumen hidupnya ternyata 99 persen dokumennya berisi kesalahan-kesalahan.

Lantas malaikat segera menggiringnya ke neraka. Namun, Allah mencegahnya karena ada satu kebaikan yang diperbuat semasa hidupnya yakni melafalkan kalimat Laa Ilaaha Illallah dengan ikhlas.

Namun, kata Gus Baha, mengucapkan kalimat tahlil ini harus ikhlas sepenuh hati tanpa mengharap apa pun.

"Yang mahal itu ikhlas. Kalau mengucapkan Laa Ilaaha Illallah untuk mengharapkan surga dan takut neraka itu berarti gak ikhlas. Kalau seandainya tidak ada surga atau neraka itu Tuhannya tetap Allah," kata Gus Baha.

Berikut keutamaan zikir Laa Ilaaha Illallah disarikan dari Kitab Tanqihul Qoul karya Imam Suyuti: 

1.Wajah Bersinar di Hari Kiamat

 Orang yang selalu berzikir dengan mengucapkan kalimat Laa Ilaaha Illallah kelak di akhirat wajahnya bersinar.

Nabi Muhammad Saw bersabda : "Barang siapa setiap hari mengucapkan seratus kali laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah, maka dia akan datang di hari kiamat dengan wajah bagaikan bulan purnama."

2. Aman Dari Siksa

Orang yang selalu membasahi mulutnya dengan kalimat thoyyibah akan dijauhkan dari siksa.

Nabi Saw bersabda : "Allah berfirman: "laa ilaha illallah kalam-KU dan Aku-lah dia. Barang siapa mengucapkannya maka masuk dalam perlindungan-Ku, dan barang siapa masuk lindungan-Ku maka aman dari siksa-Ku".

3. Diampuni Dosanya
Nabi Saw bersabda :  "Tiada seorang hamba pun yang mengucapkan laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah terkecuali Allah SWT berfirman: Benar hamba-Ku, Aku-lah Allah, tiada Tuhan selain Aku. Aku persaksikan kepada kalian wahai malaikat-malaikat-Ku, Aku benar-benar telah mengampuni dosa-dosanya yang sudah terlewat dan yang akan datang".

4. Masuk Surga
Rasulullah bersabda : "Barang siapa mengucapkan laa ilaha illallah secara murni dan ikhlas, maka masuk surga.

5. Tidak Ditanya Dosanya di Akhirat
Orang yang tak luput dari berzikir Laa Ilaaha Illallah di setiap waktu tidak akan ditanya dosanya di akhirat.

Rasulullah Saw bersabda : "Barang siapa yang awal perkataannya laa ilaha illalloh dan akhir perkataannya laa ilaha illalloh dan melakukan seribu kesalahan (dosa kecil) dan jika dia hidup seribu tahun, maka Allah tidak akan menanyakan satu dosa pun".

6. Berpahala Besar
Berzikir dengan mengucap kalimat thoyyibah juga memiliki pahala besar.

Nabi Muhammad Saw bersabda : "Barang siapa yang membaca laa ilaha illalloh tanpa disertai `ujub maka terbanglah seekor burung di bawah `arasy yang akan membaca tasbih bersama mereka yang membaca tasbih hingga hari kiamat, kemudian pahalanya dituliskan untuk dia"

7. Diangkat Derajat dan Dihapuskan Kejelekannya

Rasulullah Saw bersabda : "Ketika seorang mu`min lewat pekuburan dan mengucapkan laa ilaaha illallah wahdahu laa syarika lahu lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumiitu wahuwa hayyun laa yamut biyadihil khaiiru wahuwa 'ala kulli syai-in qadiir, maka Allah menerangi semua kuburan tersebut, mengampuni dosa yang membacanya, menulis sejuta kebaikan baginya, mengangkat baginya sejuta derajat dan menghapus darinya sejuta kejelekan ".

Wallahu a'lam Bissawab.


Editor : Kastolani Marzuki