Kisah 4 Pasien Sembuh dari Corona di Semarang, Begini Pesan Mereka ke Warga

Kristadi ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 23:30:00 WIB
Kisah 4 Pasien Sembuh dari Corona di Semarang, Begini Pesan Mereka ke Warga
Empat pasien positif corona sembuh setelah dirawat di RSUD KRMT Wongsonegoro, Semarang. (Foto: iNews/Kristadi)

SEMARANG, iNews.id - Empat pasien positif corona (Covid-19) yang dirawat di RSUD KRMT Wongsonegoro, Kota Semarang sembuh dari penyakit tersebut, Selasa (31/3/2020). Kabar baik ini ingin disuarakan para pasien dengan berbagi pengalaman selama masa perawatan di rumah sakit.

Keempat pasien sembuh dari virus corona yakni, Lastri, warga Susukan, Ungaran, Kabupaten Semarang; Lisa, warga Pekalongan yang berdomisili di daerah Kedungmundu, Kota Semarang; Muyin, warga Rembang; dan Sutan Baiti, warga Kaliwungu, Kendal.

Mereka menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada keluarga, tim medis, hingga petugas cleaning service RSUD KRMT Wongsonegoro yang selama masa isolasi telah merawat dengan sabar.

Lastri dan Sutan Baiti terpapar virus corona karena punya riwayat kontak dengan pasien suspect. Mereka kini mereka dinyatakan sembuh dari virus corona.

Lisa mengatakan, kunci sukses melawan virus corona adalah menghilangkan rasa cemas dan gelisah. Sebab dari perasaan itu, mustahil daya tahan tubuh atau imun dapat meningkat.

“Saya hari ini dinyatakan negatif setelah sempat positif. Ini tidak lepas dari dorongan semangat dan doa. Kalau kita kuat baik fisik maupun psikis kita bisa sembuh,” katanya sata konferensi pers di aula RSUD Wongsonegoro, Selasa (31/3/2020).

Hal senada diungkapkan Sutan Baiti. Dia mengaku bisa sembuh karena tak lepas dari ikhtiar dan doa. “Kita punya Tuhan. Yakin kalau penyakit ini dari Tuhan dan sembuh pun dari Tuhan,” ujarnya.

Dia juga berharap pasien-pasien lain yang masih dirawat untuk tetap semangat dan percayakan perawatan kepada tim medis, serta selalu berdoa.

Sementara itu, Lastri dan Muyin yang merasa terpapar virus corona ketika berkunjung di Bali mengisahkan, tanpa bantuan semua itu mustahil dapat bangkit melawan virus corona hingga dinyatakan sembuh.

“Saya merasa sangat sehat sekali hari ini. Selama dirawat di sini, saya merasa nyaman. Setiap masuk (perawat dan dokter) selalu memberikan semangat,” kata Lastri.

Hal senada diungkapkan Muyin. Dia bersyukur bisa sembuh dari virus mematikan itu.

“Senang bisa sehat kembali, berkumpul sama keluarga lagi. Terima kasih kepada perawat, dokter dan rumah sakit. Hari ini saya bisa boleh pulang,” kata Muyin.

Keempat orang yang sembuh dari virus corona mengimbau kepada masyarakat agar bijak menggunakan media sosial dan terus memberitakan hal-hal yang baik agar mental pasien terbangun dan mempercepat kesembuhan.

Direktur RSUD KMRT Wongsonegoro Susi Herawati mengatakan keempat pasien ini terdiri atas satu pasien laki-laki dan tiga pasien perempuan.

Susi menuturkan, mereka sembuh setelah menjalani masa karantina dan perawatan intensif selama 10 hingga 14 hari di rumah sakit. Susi menambahkan tidak ada obat khusus yang konsumsi keempatnya. Rumah sakit hanya memberi asupan makan bergizi, vitamin dan membangun mental pasien agar selalu gembira.

"Ini hal luar biasa, karena dengan ketenangan dan keceriaan pasien, ini mempercepat kesembuhan. Sehingga hasilnya negatif, mereka kami nyatakan sembuh," ujar Susi.

Editor : Kastolani Marzuki