Kisah Pilu Ibu Lumpuh di Pemalang: Anak Putus Sekolah, Rumah Nyaris Ambruk

Suryono Sukarno · Senin, 18 Januari 2021 - 08:35:00 WIB
Kisah Pilu Ibu Lumpuh di Pemalang: Anak Putus Sekolah, Rumah Nyaris Ambruk
Wiwik Rohyati hanya bisa terbaring lumpuh di kamarnya. (iNews/Suryono Sukarno)

PEMALANG, iNews.id - Wiwik Rohyati (50), warga Rt 2 Rw 5 Desa Losari  Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, ini kondisinya memprihatinkan. Dia hanya  tergeletak ditempat tidur tak bisa aktivitas apa-apa.

Ibu paruh baya ini sudah dua bulan kondisinya lumpuh, badan dan tangan kaku sulit digerakan. Semua aktivitas dilakukan di atas tempat tidur, dari makan, minum hingga buang hajat di tempat.

Mengenaskan lagi, kondisi rumah juga tak layak. Hanya berlantai tanah serta kayu sudah lapuk atap bocor serta tak ada pintu. Tak hanya itu, tak ada barang berharga di dalam rumah, hanya tempat tidur dengan alas kasur tipis. 

Wiwik Rohyati  mengatakan awalnya dia jatuh sekitar dua tahun lalu, kemudian sudah diobati dan sempat operasi.  “Namun perlua perawaan rutin dan  sekitar dua bulan lalu  lumpuh karena tak ada pengobatan ,” kata Wiwik, Senin (18/1/2021).

“Saya sudah tak ada biaya lagi untuk rumah sakit dan perawatannya . Sebelumnya saya pernah terdaftar di BPJS mandiri, namun tak dilanjutkan sehingga tak bisa berobat ke rumah sakit dengan BPJS,” katanya.

Ibu empat anak ini dirawat anaknya dan salah satu terpaksa putus sekolah hanya tamat SMPT.  Anggit Pujo Nugroho, anak kedua ini  fokus merawat sang ibu meladeni smeua kebutuhan ibunya. Sedangkan anak pertama kerja serabutan bersama sang ayah dan dua adiknya masih kecil- kecil sekolah SD.

Sebelumnya keluarga ini punya usaha kecil-kecilan tempe goreng namun kini tak bisa dijalankan lagi. “Untuk memenuhi kebutuhan sehari hari  dari hasil kerja buruh tani dan buruh serabutan,” kata Mulani, suami Wiwik Rohyati. Untuk itu, pihaknya  berharap ada bantuan dari dermawan dan pemerintah.

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel: