Konsumsi Elpiji di Jateng dan Jogjakarta saat Lebaran Diprediksi Naik 9 Persen

Taufik Budi, Ary Wahyu Wibowo ยท Senin, 26 April 2021 - 16:47:00 WIB
Konsumsi Elpiji di Jateng dan Jogjakarta saat Lebaran Diprediksi Naik 9 Persen
Pertamina menjamin pasokan elpiji aman saat Ramadan dan Lebaran. Foto: Ist.

SEMARANG, iNews.id - Pasokan elpiji selama Ramadan dan lebaran di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Jogjakarta dijamin aman. Konsumsi elpiji diprediksi naik 9 persen dari rentang dua pekan sebelum hingga dua pekan sesudah Lebaran. 

Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibilty (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan, elpiji merupakan kebutuhan pokok masyarakat, baik pada masa normal maupun pandemi. Terlebih ketika momen khusus, seperti Ramadan dan Lebaran. 

Untuk itu, unit operasi dan lembaga penyalur di Jawa Bagian Tengah dipastikan berjalan optimal, khususnya yang melayani seputar penyimpanan dan pendistribusian elpiji.  

“Kami memiliki Depot elpiji di Kabupaten Cilacap dan depot epiji yang dikerjasamakan dengan swasta di Kota Semarang. Serta 51.677 pangkalan elpiji PSO dan 9.004 outlet elpiji non-PSO yang ada di Jateng dan Jogjakarta. Kami pastikan seluruhnya dapat menyediakan stok elpiji dalam keadaan cukup,” kata Brasto Galih Nugroho, Senin (26/4/2021). 

Pertamina juga akan mengantisipasi apabila terjadi lonjakan kebutuhan elpiji pada masa-masa tertentu selama Ramadan dan Lebaran. Pertamina akan terus memantau perkembangan di lapangan, jika diperlukan akan dilakukan penambahan fakultatif sesuai kebutuhan.

Pihaknya memprediksi, peningkatan konsumsi elpiji mencapai puncaknya menjelang Lebaran Yakni 9 persen dari rentang dua pekan sebelum hingga dua pekan sesudah Idul Fitri di wilayah Jateng maupun Jogjakarta. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Halaman : 1 2