Kota Tegal Berencana Bubarkan Tim Gugus Tugas Covid-19, Relawan Mandiri Jadi Pengganti

Yunibar ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 09:43 WIB
Kota Tegal Berencana Bubarkan Tim Gugus Tugas Covid-19, Relawan Mandiri Jadi Pengganti
Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi

TEGAL, iNews.id - Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah, berencana membubarkan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 dan menggantinya dengan tim relawan mandiri. Pembubaran tim gugus tugas Covid-19 ini, karena Kota Tegal tercatat nihil kasus positif virus corona.

Wali Kota Tegal, Muhammad Jumadi mengatakan, saat ini di wilayahnya sudah zero kasus positif Covid-19 per 1 Juli. Bahkan, angka pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang tanpa gelaja (OTG) diklaim nihil, sehingga diputuskan untuk mengganti tim gugus tugas Covid-19 dengan relawan mandiri.

"Alhamdulillah Kota Tegal benar-benar green. Rencananya Pemkot Tegal akan menghapus tim gugus tugas dan mengganti dengan relawan mandiri," kata Muhammad Jumadi, Selasa (7/7/2020).

Relawan ini nantinya akan diisi oleh unsur organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), karyawan dan pengusaha. Jumadi menegaskan, penghapusan tim gugus tugas bukan menandakan pandemi Covid-19 telah berakhir. Namun, ini menjadi awal agar masyakat lebih waspada tiga kali lipat dalam protokol kesehatan.

"Pandemi inikan belum berakhir, tetapi ditanamkan warga agar waspada bahkan meningkatkan tiga kali lipat agar tidak terjadi pandemi lagi di Kota Tegal," ujarnya.

Rencananya, relawan mandiri Covid-19 akan dikukuhkan pada 30 Juli 2020 mendatang oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono.

Berita Lain Bisa Dibaca di Okezone.com: BMKG Sebut Belum Ada Gempa Susulan di Jepara


Editor : Nani Suherni