Letkol Bambang Kristianto Bawono Dimakamkan di TMP Ratna Bantala Klaten

Saeful Efendi ยท Selasa, 10 Maret 2020 - 10:54 WIB
Letkol Bambang Kristianto Bawono Dimakamkan di TMP Ratna Bantala Klaten
Karangan bunga dari Presiden Joko Widodo di rumah duka Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, di Klaten (Foto: iNews/Saeful Efendi)

KLATEN, iNews.id - Rumah duka Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono di Desa Manjung, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah (Jateng) dipenuhi karangan bunga. Jenazah Bambang akan kebumikan di TMP Ratna Bantala Klaten.

Dari pantauan tim iNews, terlihat sejumlah karangan bunga ucapan bela sungkawa berjajar di rumah duka. Karangan bunga dari Presiden Joko Widodo, Panglima TNI hingga Agus Harimukti Yudhoyono sudah memenuhi halaman.

Saat ini, sejumlah anggota TNI juga terlihat membantu warga untuk menyambut jenazah.

Rencananya jenazah akan tiba di Bandara Adisujipto Yogyakarta sekitar pukul 12.40 dan tiba di rumah duka pukul 13.00. Selanjutnya, dilakukan upacara sembahyangan Kristiani dan dimakamkan secara militer di TMP Ratna Bantala Klaten.

"Nanti tiba di rumah duka sekitar pukul 13.00an itu akan dilakukan upacara adat dan diberikan kepada pihak keluarga," ucap ketua RW Supriyono, Selasa (10/3/2020).

Dia mengatakan, Bambang selama ini menetap di Yogyakarta. Klaten merupakan kediaman orangtua dan tempat masa kecilnya.

"Almarhum di sini tempat orangtua, kalau tinggal sudah di Yogyakarta semenjak jadi angkatan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Bambang gugur dalam tragedi tabrakan antara Longboat L300 milik Dinas Kehutanan dengan kapal speedboat milik TNI AD di Sungai Sabangau Kereng Bangkirai, Kecamatan Sabangau, Kota Palangkaraya, Kalteng. Sejumlah anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) turut jadi korban dalam kecelakaan itu, namun selamat.

Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono SIP yang juga Dansubsatgas Pam VVIP saat kejadian memimpin rombongan kapal speedboat TNI AD. Kapal itu membawa tim survei rute kunjungan pengamanan VVIP Raja Belanda Wilem Alexander dan Ratu Maxima di Provinsi Kalteng.

"Benar, Beliau (Dandim) meninggal dunia. Untuk info detailnya akan segera disampaikan," kata Kapendam XII/Tanjungpura Kol Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, Senin (9/3/2020).

Dalam peristiwa ini, rombongan yang ikut di speedboat berjumlah 19 orang, terdiri atas 7 anggota Paspampres, Korem 102/Pjg 11 orang dan 1 orang sipil penunjuk jalan. Sementara itu, Longboat L300 milik Dinas Kehutanan membawa delapan penumpang.


Editor : Nani Suherni