Libur Natal, Gua Maria Lawangsih Kulonprogo Ramai Dikunjungi Wisatawan

Kuntadi ยท Rabu, 25 Desember 2019 - 18:00 WIB
Libur Natal, Gua Maria Lawangsih Kulonprogo Ramai Dikunjungi Wisatawan
Gua Maria Lawangsih berada di Pedukuhan Patihombo, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo. (Foto: iNews.id/ Budi Utomo)

KULONPROGO, iNews.id - Objek wisata religi Gua Maria Lawangsih yang terletak di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, menjadi salah satu objek wisata yang dibanjiri pengunjung pada hari raya Natal, Rabu (25/12/2019). Selain untuk berdoa, wisatawan juga akan menikmati keindahan panorama alamnya.

Untuk sampai ke lokasi, wisatawan disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi berada di Perbukitan Menoreh, di mana tak ada angkutan umum yang melewati jalur tersebut.

Jarak dengan pusat Kota Yogyakarta terbilang dekat, yaitu hanya sekitar 40 kilometer ke arat barat. Lokasinya yang berada di ketinggian 750 meter di atas permukaan air laut menjadikan suasananya cukup sejuk dan asri.

Selain suasana yang sejuk, tempat ini menjadi salah satu obyek wisata favorit bagi umat Kristiani. Usai perayaan Natal banyak yang berkunjung ke tempat ini. Di mulut Gua Maria Lawangsih, wisatawan bisa langsung berdoa dengan khusyuk di tengah udara yang menyegarkan. Apalagi suasana yang hening menjadi tempat yang cocok untuk bersemedi.

Di mulut gua juga tampak sebuah altar untuk menaruh lilin. Sama seperti Gua Maria yang lain, tempat ini juga memiliki sumber mata air suci yang berasal dari stalagtit di dalam gua. Beberapa pengunjung terlihat memanfaatkan air tersebut untuk membasuh muka.

"Setiap tahun pengunjung yang datang terus meningkat," kata Ketua Pengelola Gua Maria Lawangsih, Florentinus Supriyanto.

Menurutnya pengunjung yang datang tidak hanya dari wilayah Yogyakarta saja namun juga dari wilayah Jawa Tengah. Tidak sedikit yang berasal dari Jakarta, Surabaya hingga Tangerang dan Bekasi.

"Pengunjung tidak dikenai tiket, hanya dana sukarela untuk kebersihan," tuturnya. 

Salah satu wisatawan Fransiska Sutarti mengaku sengaja berkunjung sebagai bagian dari perayaan Natal tahun ini. Dia bersama keluarga memilih tempat ini untuk berkumpul sembari berdoa. 

"Baru pertama kesini dan tempatnya sangat hening cocok untuk berdoa," ucapnya.

Selain pada bulan Desember, kunjungan wisatawan ke tempat ini juga ramai saat libur Paskah. Karena semakin tahun semakin ramai, wisatawan dan warga berharap ada perbaikan akses menuju ke Gua Maria Lawangsih tersebut.


Editor : Rizal Bomantama