Lolos Penyekatan, Pemudik Melenggang Masuk Jateng via Jalur Tikus Brebes

Yunibar ยท Kamis, 07 Mei 2020 - 21:25:00 WIB
Lolos Penyekatan, Pemudik Melenggang Masuk Jateng via Jalur Tikus Brebes
Petugas memutar balik kendaraan pemudik di gerbang Tol Pejagan, Brebes. (Foto: iNews/Yunibar)

BREBES, iNews.id – Razia penyekatan di jalan tol maupun Pantura yang dilakukan petugas untuk mencegah pemudik dari zona merah corona ternyata belum maksimal. Buktinya, para pemudik dari zona merah masih bisa lolos. Mereka melenggang bebas masuk wilayah Jateng melalui jalur alternatif Cirebon-Brebes.

Pantauan iNews, Kamis (7/5/2020), kendaraan yang didominasi pelat B dan D ini mendominasi ruas jalur alternatif Cirebon-Ciledug-Ketanggungan. Jalur tersebut merupakan akses alternatif ke Yogyakarta maupun Semarang.

Akses masuk alternatif paling banyak dilalui adalah di Desa Bojongsari, Kecamatan Losari. Desa ini berbatasan dengan Cirebon, Jawa Barat. Kondisi jalan masuk Jateng ini lumayan bagus dan merupakan jalur alternatif selain tol dan pantura.

Mobil pemudik melenggang bebas di jalur alternatif Brebes. (Foto: iNews/Yunibar)
Mobil pemudik melenggang bebas di jalur alternatif Brebes. (Foto: iNews/Yunibar)

Pemudik dari arah barat seperti Jakarta, setelah melewati Ciledug langsung masuk Jawa Tengah melalui Bojongsari, Losari. Dari Bojongsari, terus ke arah timur melintasi Kersana dan Ketanggungan.

Kendaraan dengan tujuan kota kota di selatan Jawa Tengah maupun Yogyakarta ini akan melanjutkan perjalanan melalui Flyover Dermoleng, Larangan, Songgom, Prupuk hingga Purwokerto.

Sedangkan kendaraan pemudik dengan tujuan kota-kota di pantura, bisa lewat dari Bojongsari ke arah timur melalui Kersana, Ketanggungan, Slatri, Jatibarang dan terus sampai ke Dukuhwaru-Slawi, Kabupaten Tegal.

Kapolres Brebes, AKBP Gatot Yulianto mengatakan, jalur alternatif baik tingkat kabupaten maupun provinsi akan diperketat. “Kita berkoordinasi polsek polsek yang biasanya menjadi jalur alternatif para pemudik. Mereka akan bersiaga 24 jam melakukan penyekatan di jalur-jalur alternatif tersebut,” katanya.

Diketahui, petugas gabungan TNI-Polri dan Dishub melakukan penyekatan untuk menghalau gelombang arus mudik. Penyekatan dilakukan di Gerbang Tol Pejagan  dan jalur Pantura Kecipir, Kecamatan Losari, Brebes.


Editor : Kastolani Marzuki