Lonjakan Kasus Covid-19 di Kendal, Ketersediaan Ruang Isolasi Pasien Ditambah

Eddie Prayitno ยท Rabu, 16 Juni 2021 - 17:15:00 WIB
Lonjakan Kasus Covid-19 di Kendal, Ketersediaan Ruang Isolasi Pasien Ditambah
Penambahan tempat perawatan bagi pasien Covid-19 di RSI Muhammadiyah Weleri Kendal. Foto: iNews/Eddie Prayitno.

KENDAL, iNews.id Ruang isolasi di sejumlah rumah sakit di Kabupaten Kendal ditambah sebagai antisipasi  lonjakan kasus Covid-19. Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Kendal bakal difungsikan kembali guna merawat pasien yang terpapar.  

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, lonjakan kasus yang kini berlangsung diantisipasi dengan menambah ruangan di seluruh rumah sakit. Terdapat sekitar lima rumah sakit negeri maupun swasta yang melakukan penambahan ruang perawatan. 

“Termasuk rumah sakit darurat Covid-19 akan difungsikan kembali untuk merawat pasien.Selama ini digunakan untuk karantina saja,” kata Ferinando Rad Bonay,  Rabu (16/6/2021). 

Rumah sakit yang menambah ruang isolasi, lanjutnya, antara lain RSUD Soewondo Kendal, RSI Muhammadiyah Kendal, RS Baitul Hikmah Gemuh, RSI Darul Istiqomah, dan RS Charlie Boja. Penambahan ruang isolasi dilakukan bertahap karena keterbatasan tenaga  medis. 

Terpisah, Humas RSI Muhammadiyah Weleri Kendal,  Farid Hermawan mengatakan, ketersediaan ruangan isolasi bagi pasien Covid-19 ada 30 ruang. Namun baru tersedia 15 ruang dan sudah hampir penuh.

 “Pasien rawat inap umum juga mengalami peningkatan, sehingga harus dibagi antara penambahan ruang pasien Covid-19 dan umum. Penambahan ruang isolasi bagi pasien Covid-19 akan ditempatkan di lantai lima sebanyak 15 ruang,” kata Farid Hermawan. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Bagikan Artikel: