Mengaku Punya Aset Miliaran, Begini Kondisi Rumah Pengemis Legiman

Agus Atha Suharto ยท Rabu, 16 Januari 2019 - 19:07 WIB
Mengaku Punya Aset Miliaran, Begini Kondisi Rumah Pengemis Legiman
Kondisi rumah kontrakan Legiman, pengemis yang mengaku punya aset miliaran rupiah. (Foto: iNews/Agus Atha).

PATI, iNews.id - Setelah viral di media sosial lantaran mengaku punya aset Rp1,4 miliar, pernyataan pengemis yang terjaring razia Satpol PP, Legiman, sama sekali tidak terbukti. Ternyata dia hanya tinggal di sebuah rumah kontrakan sederhana di kawasan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengan (Jateng).

Saat iNews melakukan penelusuran, di rumah kontrakan tersebut, Legiman atau Man Cekrek, sedang tidak ada di tempat. Hanya adiknya saja, Rabin berada di sana. Dia mengakui, kakaknya memang sudah bertahun-tahun menjadi pengemis.

"Pendapatannya tidak sampai Rp1 juta. Biasanya kalau sudah beberapa hari, baru mencapai angka sebesar itu," kata Rabin di rumahnya, Perumahan Gunung Bedah, Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jateng, Rabu (16/1/2019).

Tetangga Legiman, Rahayu mengatakan, dia tidak percaya kalau pengemis yang biasa beroperasi di alun-alun Kabupaten Pati itu punya aset sampai miliaran rupiah. Sebab, dia hanya menempati rumah kontrakan 6x7 meter dengan uang sewa Rp400 ribu per bulan.

Dari cerita yang beredar, kata dia, Legiman ini tidak diakui keluarganya. Dia juga bergantung dengan adiknya yang sehari-hari berprofesi sebagai pemulung. Penampilan tetangganya itu juga tak mencerminkan orang berada. Karena itu, tidak masuk akal kalau pria itu punya aset sampai miliaran rupiah.

"Kalau jalan saja kayak ngesot. Ngomongnya enggak bisa," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Desa Sokokulon, Maslikan, membenarkan jika Legiman merupakan warganya yang tinggal di sebuah rumah kontrakan di Perumahan Gunung Bedah. Dia juga membantah kalau pengemis tersebut punya banyak aset dan uang yang nilainnya hingga Rp1,4 miliar.

"Kayaknya tidak masuk akal," kata Maslikan.

Sebelumnya, seorang pengemis mengaku memiliki uang dan aset hingga Rp1,4 miliar rupiah, viral di media sosial (medsos). Pengakuan tersebut dikatakan Legiman, pengemis yang terjaring razia Satpol PP Kabupaten Pati pada Sabtu (12/1/2019) lalu.

Saat diinterogasi petugas, dia juga mengaku dalam sehari mengemis bisa memperoleh uang Rp500.000 - 2.000.000. Kakek yang akrab disapa Man Cekrek ini juga mengaku banyak uang serta aset mencapai miliaran rupiah, hasil mengemis.

"Pengakuannya, dia punya rumah, aset, tanah bahkan tabungan," kata Sekretaris Satpol PP Kabupaten Pati, Imam Rifai.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal