Menikmati Panorama Telaga Menjer, Surga Tersembunyi di Wonosobo

Vien Dimyati ยท Rabu, 25 Desember 2019 - 17:30 WIB
Menikmati Panorama Telaga Menjer, Surga Tersembunyi di Wonosobo
Telaga Menjer di Kabupaten Wonosobo memiliki panorama yang indah dan berhawa sejuk. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020 yang berbarengan dengan libur sekolah menjadi momen sepesial untuk bercengkerama dengan keluarga.

Bagi yang belum memiliki tujuan untuk mengisi liburan, tidak salahnya untuk melancong ke Wonosobo, Jateng. Daerah ini identik dengan keindahan pegunungan Dieng yang dijuluki negeri di atas awan.

Selain Dieng, banyak destinasi lainnya yang menarik dijelajahi di antaranya Waduk Wadaslintang, Perkebunan Teh Tambi, Air Terjun Sikarim dan Telaga Menjer.

Menjer bisa disebut surga tersembunyi di Wonosobo. Awalnya, telaga tersebut difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air oleh PLTA Garung. Seiring dengan perkembangan waktu, Telaga Menjer mulai dimanfaatkan pemerintah daerah menjadi tempat wisata.

Bukit Cinta dan Telaga Menjer, potensi wisata tersembunyi di balik nama besar Dieng - Wonosobo," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Rabu (25/12/2019).

 

Telaga ini terlihat eksotis jika Anda menikmati dari atas Bukit Cinta atau yang akrab disebut Bukit Seroja. Di sebut Bukti Cinta, karena ketika berada di atas ini, Anda bisa melihat Telaga Menjer yang berbentuk hati.

Telaga Menjer merupakan danau terluas di wilayah Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di kaki pegunungan atau dataran tinggi Dieng.

Telaga ini terbentuk dari letusan kaki Gunung Pakuwaja yang dulunya aktif. Sebelum terjadi letusan, Telaga Menjer hanyalah mata air kecil, dan sewaktu-waktu airnya bisa meluas ketika terjadi hujan.

Telaga Menjer berlokasi di Kecamatan Garung yang berjarak sekitar 8 km dari pusat Kota Wonosbo. Rute yang dilalui yaitu hampir sama dengan rute menuju ke Dieng.

Dari alun-alun Wonosbo Anda cukup berjalan menuju ke arah utara mengikuti arah jalan Dieng. Sampai di pasar Garung yang berjarak sekitar 7 km dari alun-alun Wonosbo terdapat gapura yang bertuliskan PLTA Garung yang berada di kiri jalan sekitar pasar.

Selanjutnya, ikuti jalan dari gapura tersebut hingga terlihat Telaga Menjer yang berada di kiri jalan. Untuk harga tiket di Telaga Menjer yaitu Rp3.000 per orang. Bagaimana, tertarik menikmati keindahan Telaga Menjer dari atas Bukit Cinta di Dieng?


Editor : Kastolani Marzuki