Mobil Dinasnya Jadi Polemik, Bupati Karanganyar: Prestasi dengan Rubicon itu Tidak Equal Lho

Wahyuendro ยท Jumat, 06 Desember 2019 - 14:22 WIB
Mobil Dinasnya Jadi Polemik, Bupati Karanganyar: Prestasi dengan Rubicon itu Tidak Equal Lho
Bupati Karanganyar Jawa Tengah Juliyatmono merespons terkait polemik pemilihan Jeep Wrangler Rubicon sebagai mobil dinas barunya di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (6/12/2019). (Foto: iNews/Wahyuendro)

KARANGANYAR, iNew.idBupati Karanganyar Juliyatmono angkat bicara terkait polemik pemilihan Jeep Wrangler Rubicon sebagai mobil dinas barunya. Menurutnya, pemilihan Rubicon sebagai mobil dinas tidak melanggar aturan. Bahkan, mobil itu juga dinilai belum setara dengan prestasi yang dicatatnya sejak memimpin daerah itu.

Juliyatmono yang ditemui di kantornya pun menegaskan, akan tetap menggunakan Jeep Rubicon yang akan datang akhir bulan ini sebagai kendaraan dinas.

“Prestasi dengan Rubicon itu tidak equal, tidak seimbang, gitu lho. Tapi bukan berarti saya lebay, saya kurang empati, bukan itu,” ujarnya, Jumat (6/12/2019).

 

BACA JUGA:

Reaksi Ganjar Mobil Dinasnya Kalah dengan Rubicon Milik Bupati Karanganyar: Halah Provokasi

Bupati Karanganyar Pakai Mobil Jeep Wrangler Rubicon, Ganjar: Tidak Masalah

 

Menyikapi polemik pro dan kontra terkait penggunaan kendaraan dinas senilai Rp1,9 miliar ini, Bupati berharap publik melihat dari sisi objektif. Dia berharap publik juga melihat kinerjanya secara makro. Dia mengklaim setiap kebijakannya selalu mendahulukan kepentingan masyarakat.

“Kinerja yang harus dilihat secara makro, Karanganyar dulu dengan Karanganyar sekarang. Di samping juga, sekali lagi saya lebih mementingkan kepentingan masyarakat yang harus kita dahulukan, apa contohnya, lihat kondisi rumah dinas, ada yang berubah,” katanya.

“Kami dahulukan semuanya untuk kepentingan rakyat, monumen, masjid yang nilainya besar, nanti juga jadi kebanggaan kita semua. Jadi, hal-hal yang bersifat publik, kepentingan rakyat itu yang kita nomor satukan, kita dahulukan. Kalau sudah semuanya nanti diukur sejahtera, PDRB kita juga kita perkuat,” katanya.

 

BACA JUGA: Mensos Juliari Batubara Gunakan Mobil Dinas Baru saat Datangi KPK

 

Selain itu, Bupati menganggap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karanganyar sebesar 5,9 persen hingga menjadi angka tertinggi ketiga di Provinsi Jateng, menjadi bukti kinerjanya selama ini.

“Pertumbuhan ekonomi kita sudah hampir 6 persen, 5,98, ketiga tertinggi di Jateng. Nah dan sekali lagi, tahun depan kita fokus kepada penguatan institusi keluarga dan menekan sekecil mungkin angka kemiskin dan menyiapkan SDM ke depan,” katanya.

Juliyatmono juga beralasan penggunaan kendaraan model jeep sangat dibutuhkannya untuk mengatasi medan di sebagian besar wilayah Kabupaten Karanganyar yang bergunung-gunung. “Kalau tikungan di daerah Ngargoyoso, di daerah kerjo, terlalu tajam, ini bahaya, ngelepeh,” kata Juliyatmono.

Saat ini, Bupati masih menggunakan mobil dinas Toyota Fortuner warna putih. Mobil ini dibeli sejak tahun 2015 dengan kisaran harga Rp500 juta. Selain itu, bupati juga masih memiliki satu lagi mobil dinas merek Toyota Camry peninggalan bupati periode sebelumnya.


Editor : Maria Christina