Momen Gibran Berikan Keris ke Bima Arya, Pakai Busana Pangeran Keraton Solo

Antara ยท Sabtu, 04 Desember 2021 - 09:11:00 WIB
Momen Gibran Berikan Keris ke Bima Arya, Pakai Busana Pangeran Keraton Solo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming (kiri) memakai busana pangeran Keraton Solo menyerahkan keris ke Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan). (Antara)

BOGOR, iNews.id - Momen unik terjadi saat Karnaval Budaya di Gelanggang Olah Raga (GOR) Pajajaran, Bogor, Jumat (3/12/2021) malam. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming memberikan keris kepada Wali Kota Bogor Bima Arya.

Gibran yang memakai busana layaknya pangeran Keraton Solo dengan dominasi warna hitam dan corak emas, memberikan keris kepada Bima Arya yang memakai busana pangsi warna hitam dan sandal khas Sunda.

Momen pemberian keris itu mengawali karnaval budaya dalam rangka Kongres ke-5 Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI). Keduanya kemudian duduk berdampingan menyaksikan tarian daerah dari berbagai kota dan kabupaten di Indonesia yang mengikuti JKPI.

Ratusan penonton perwakilan berbagai daerah dari 72 kota dan kabupaten anggota JKPI tertib dalam rangkaian kegiatan dengan protokol kesehatan yang ketat dengan mengenakan masker.

Panitia juga menampilkan cuplikan video gelaran budaya yang pernah dilakukan di Kota Bogor serta sejumlah tempat wisata dan taman yang menjadi kebanggaan Kota Bogor.

Kongres ke-5 JKPI di Kota Bogor dihadiri 40 kepala daerah dan sejumlah perwakilan dari berbagai daerah lainnya. Rangkaian kongres berlangsung selama 2-5 Desember 2021.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: