Mudik Dilarang, 74 Perjalanan KA di Semarang Dibatalkan untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Taufik Budi ยท Jumat, 24 April 2020 - 19:44 WIB
Mudik Dilarang, 74 Perjalanan KA di Semarang Dibatalkan untuk Cegah Penyebaran Covid-19
Ilustrasi kereta api. (Foto: iNews.id)

SEMARANG, iNews.id - Semua perjalanan kereta api (KA) penumpang yang melintas di Daerah Operasional (Daop) 4 Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dibatalkan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-29, mulai 25 April hingga 31 Mei 2020. Sementara kereta api barang masih dijalankan untuk keperluan angkutan logistik.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro menjelaskan, terhitung mulai Sabtu besok, 74 perjalanan kereta api baik yang berasal dari maupun yang melintas wilayah PT KAI Daop 4 Semarang telah dibatalkan. Rinciannya, KA produk Daop 4 Semarang sebanyak 32 perjalanan dan KA yang melintas dari Daop lain sebanyak 42 perjalanan.

"Kami dari PT KAI Daop 4 Semarang meminta maaf kepada para penumpang yang perjalanannya tertunda. Langkah ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 pada masa angkutan Lebaran 2019," kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro, Jumat (24/4/2020).

Dia menyampaikan, bagi calon penumpang kereta api yang telah memiliki tiket pada periode tersebut, dapat membatalkan tiketnya. Mereka akan mendapat pengembalian biaya tiket secara penuh atau 100 persen.

PT KAI juga mengimbau kepada calon penumpang untuk membatalkan tiket melalui aplikasi KAI Access dengan ketentuan yang berlaku. "Hal tersebut dilakukan untuk mendukung program physical distancing pencegahan penyebaran Covid-19," ujarnya.

Pembatalan perjalanan KA itu tertuang pada Pasal 8-12 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi selama Masa Mudik Idul Fitri 1441 H, dalam rangka pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam pasal tersebut tertuang larangan sementara penggunaan sarana transportasi perkeretaapian untuk kegiatan mudik pada masa angkutan Lebaran tahun 2020, baik perjalanan kereta api antarkota, kereta api perkotaan, dan kereta api luar biasa.


Editor : Maria Christina